Jakarta (ANTARA) - Pabrikan mobil asal Jepang Nissan Motor Indonesia menyediakan empat posko guna menghadapi mudik dan balik Lebaran 2019 di pulau Jawa pada 31 Mei hingga 9 Juni.

"Kami menyediakan tiga aktivitas menyambut Lebaran 2019 yaitu empat posko mudik, 26 bengkel siaga, dan layanan darurat yang tersebar di delapan kota besar Indonesia," kata Manajer Purnajual PT Nissan Motor Indonesia Donny Taulo dalam jumpa pers di Jakarta, Senin malam.

Empat posko mudik Nissan itu terdapat di Tempat Istirahat Tol Cikampek KM 57, Tempat Istirahat Tol Kanci KM 207A, Tempat Istirahat Tol Kanci KM208B, dan SPBU Banyuglugur Situbondo.

Sedangkan 26 bengkel siaga Nissan terdapat di Sumatera, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Sulawesi yang buka pada 1-4 Juni dan 7-9 Juni dengan jam layanan sesuai jam kerja.

"Untuk bengkel Nissan Siaga + akan tetap buka pada 5-6 Juni dengan jam operasional mulai pukul 13.00-17.00 WIB," kata Donny.

Baca juga: Kencan bersama Nissan Terra, ini keunggulan dan kekurangannya

Nissan Indonesia menyiapkan lima mobil siaga untuk antisipasi kondisi darurat kendaraan-kendaraan Nissan dan Datsun yang dipakai mudik dan delapan mobil darurat yang akan memberikan layanan di lokasi di delapan kota besar nasional.

"Layanan bengkel Nissan rata-rata mengalami lonjakan kehadiran perawatan kendaraan hingga 30 persen jelang arus mudik dibanding periode sebelumnya. Lonjakan itu karena ada program purnajual dari kami dan mitra diler kami," kata Donny.

Donny mengatakan periode layanan purna-jual Nissan Motor Indonesia pada arus mudik dan arus balik lebih singkat dibanding layanan serupa dari pabrikan kendaraan lain menyusul hasil proyeksi Nissan tentang Lebaran 2019 yang lebih lancar.

"Analisis internal kami tentang arus kendaraan pada Lebaran 2019, para pemudik akan sampai di lokasi tujuan lebih cepat karena tol trans Jawa sudah tersambung dari Merak sampai Banyuwangi," katanya.

Jalan tol trans Jawa itu, lanjut Donny, berdampak pada jumlah kunjungan pengguna kendaraan yang tidak banyak dibanding arus mudik dan arus balik pada tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Belanja iklan otomotif selama IIMS Rp49 miliar, Nissan tertinggi

Baca juga: Tanggapan Nissan Indonesia soal potensi Leaf jadi taksi listrik
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019