Kemenag Aceh ingatkan CPNS tak cepat minta pindah tempat tugas

Kemenag Aceh ingatkan CPNS tak cepat minta pindah tempat tugas

Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh saat menyerahkan SK CPNS kepada seorang peserta di Meulaboh, Aceh Barat, Senin (27/5). Foto: Kemenag Aceh

Banda Aceh (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementrian Agama Aceh mengingatakan 1.159 orang penerima Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak lagi cepat minta pindah tempat tugas, tapi agar bisa fokus bekerja dengan menunjukkan integritas dan loyalitas terhadap tugas.

Hari ini 1.159 CPNS Kemenag menerima SK, di regional Meulaboh sendiri ada 111 CPNS yang ditempatkan di empat kabupaten/kota yaitu Aceh Jaya, Meulaboh, Simeulue, dan Nagan Raya, kata  Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh saat menyerahkan SK CPNS di Meulaboh, Aceh Barat, Senin.

Dikatakan, seorang PNS diikat oleh berbagai aturan yang berbanding lurus dengan semakin tinggi jabatan diemban, maka semakin terikat pula dalam berkerja dikeseharian di suatu lembaga maupun institusi.

"Termasuk saya sendiri. Karenanya kita harus siap dan patuh aturan, termasuk tidak minta pindah lokasi kerja. Lakukan yang terbaik dimanapun penempatan. Jangan sampai tidak punya prestasi, karena menghabiskan energi untuk berpikir pindah," katanya.

Ia mengingatkan, setiap CPNS Kemenag Aceh yang belum menjadi seorang PNS, maka pihaknya sangat serius dalam melakukan pemantauan terutama segala prilaku, tindak-tanduk, dan kinerja di tempat tugasnya.

"Kami harapkan semua CPNS mulai besok tanggal 28 Mei 2019 untuk segera melapor ke tempat bertugas masing-masing," ucapnya.

Pelaksanaan tes CPNS Kemenag Aceh Tahun 2018 dilaksanakan dalam beberapa tahap yang berbasis "Computer Assisted Test", dan dilakukan secara murni oleh seseorang yang terdaftar sebagai peserta tes atau ujian.

Maka, lanjut dia, sudah sepantasnya peserta yang menerima SK CPNS tersebut harus mengikuti budaya kerja di lingkungan lembaga atau instansinya, dan ikut membangun budaya kerja yang sehat berdasarkan prestasi kinerjanya.

"Tidak ada rekayasa dalam pelaksanaan tes ini, semua berdasarkan kemampuan dan rezeki bagi saudara yang diberikan maha kuasa. Jadi seleksinya benar-benar murni, yang lulus merupakan bibit unggul dan terbaik. Maka fokus dalam melaksanakan amanah ini sebaik baik mungkin," ujar Daud.

Kemenag Aceh telah membagi menjadi delapan regional demi memudahkan penyerahan 1.159 SK CPNS sesuai wilayah penempatan meliputi Banda Aceh di Aula Kanwil Kemenag Aceh 224 SK CPNS dari empat kabupaten/kota, yakni Banda Aceh 70 orang, Aceh Besar 148 orang, Sabang empat orang, dan Kanwil dua orang.

Regional Bireuen di Aula Kantor Bupati Bireuen 150 SK CPNS dari kabupaten ini, regional Langsa di Aula MIN 2 Kota Langsa 196 SK CPNS dari tiga kabupaten/kota, yaitu Langsa 38 orang, Aceh Timur 138 orang, dan Aceh Tamiang 20 orang.

Regional Lhokseumawe di Aula MAN 1 Kota Lhokseumawe 170 SK CPNS dari dua kabupaten/kota, yakni Lhokseumawe 54 orang dan Aceh Utara 116 orang. Regional Meulaboh di Aula Bappeda Aceh Barat 116 SK CPNS dari empat kabupaten/kota, yaitu Aceh Barat 67 orang, Nagan Raya 24 orang, Aceh Jaya 12 orang, dan Simeuleu delapan orang.

Regional Sigli di Aula Kantor Kementerian Agama Pidie 162 SK CPNS dari dua kabupaten, yakni Pidie 127 orang dan Pidie Jaya 35 orang. Regional Tapaktuan di Aula MAN 1 Aceh Selatan 71 SK CPNS dari empat kabupaten/kota meliputi Aceh Selatan 49 orang, Aceh Barat Daya 20 orang, Subulussalam satu orang, dan Singkil satu orang.

Regional Takengon di Aula Kantor Kemenag Aceh Tengah 75 SK CPNS dari empat kabupaten, yakni Aceh Tengah 37 orang, Bener Meriah 22 orang, Aceh Tenggara 13 orang, dan Gayo Lues tiga orang.
 
Pewarta : Muhammad Said
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019