Purwokerto (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyiagakan seluruh Puskesmas terutama yang berada di jalur mudik pada masa libur Lebaran 2019, kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes setempat Dwi Mulyatno.

"Puskesmas yang ada di jalur mudik seperti Pekuncen, Ajibarang, Lumbir, Wangon, Rawalo, Kemranjen, Sumpiuh, dan Tambak siap melayani masyarakat pada masa libur Lebaran. Kebetulan itu Puskesmas rawat inap semua," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

Dwi mengatakan hal itu saat konferensi pers "Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan" yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Purwokerto di Aula BPJS Kesehatan Kantor Cabang Purwokerto.

Bahkan, kata dia, petugas medis dari Puskesmas Ajibarang pun terlibat dalam kegiatan Posko Terpadu yang didirikan Polres Banyumas bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas di simpang SPBU Ajibarang.

"Kami sudah perintahkan agar Puskesmas membuat 'banner' berukuran besar bertuliskan 'Pos Kesehatan' sehingga bisa dilihat dari jarak jauh. Selain itu, Puskesmas membuat penjadwalan sumber daya manusianya agar jangan sampai ada yang tidak terjadwal, dipastikan semua ada jadwalnya," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga telah menyiapkan obat-obatan dan logistik lainnya, sehingga dapat digunakan ketika dibutuhkan saat libur lebaran.

Ia mengatakan pihaknya juga menyiagakan mobil ambulans berikut pengemudinya di setiap Puskesmas agar siap dimobilisasi ketika dibutuhkan.

"Mobil ambulans di setiap Puskesmas minimal ada dua unit, untuk pelayanan dan pengantaran rujukan ke rumah sakit," katanya.

Ia mengatakan Dinkes Kabupaten Banyumas juga memberikan layanan cepat tanggap darurat kesehatan melalui "Public Safety Center (PSC) 119" yang dapat dihubungi melalui telepon 119.

Selain posko yang didirikan oleh Puskesmas, kata dia, pihaknya juga mengawasi posko kesehatan yang didirikan secara mandiri oleh instansi maupun sejumlah organisasi di jalur mudik.

"PT KAI juga mendirikan posko kesehatan di Stasiun Purwokerto. Demikian pula dengan Posko Kesehatan PMI Banyumas yang didirikan di Sokaraja," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019