Jakarta (ANTARA) - Penyelenggaraan Jakarta Fair 2019 yang dihelat di Jakarta International Expo Kemayoran dari 22 Mei hingga 30 Juni menjadi ajang memamerkan produk-produk unggulan dari berbagai daerah di tanah air.

Aneka produk lokal unik usaha kecil dan menengah unggulan dapat ditemukan tepatnya di Hall B3-C3. Untuk menarik minat pengunjung, stan dihias dengan menampilkan ciri khas provinsi masing-masing.

Salah satu stan yang unik dan juga termasuk banyak dikunjungi pengunjung terlihat di stan milik Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Berbagai produk UKM seperti batik, kerajinan dari kayu, fesyen, makanan, hingga tas dipamerkan.

"Yang dipamerkan ini adalah produk-produk unggulan dari Yogyakarta," ujar Pemandu Stan Provinsi DI Yogyakarta Jemi Hendri Sugito, Minggu.

Ia mengatakan produk-produk yang dipamerkan telah dikurasi terlebih dahulu oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian setempat. Produk-produk itu harus memenuhi standar izin mutu baik dari kesehatan maupun kualitas.

"Pengrajin didata dinas perindustrian. Ini salah satu upaya dari pemerintah provinsi untuk meningkatkan daya jual dan promosi," kata dia.

Menurut dia, tahun ini merupakan tahun ke-14 mengikuti perhelatan Jakarta Fair. Namun yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, jumlah pengerajin yang ingin berpartisipasi memamerkan produknya semakin banyak.

"Kita giliran seminggu 10 UKM diganti, jadi rolling (bergantian) tiap minggunya, tidak barang itu-itu saja," kata dia.

Senada dengan Jemi, salah satu penjaga stan produk unggulan milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur Risma Hidayat mengatakan kegiatan tahunan ini sangat berguna untuk ajang promosi produk unggulan binaan Disperindag.

Menurut dia, pameran ini juga menjadi media menarik investor untuk menanamkan modalnya dalam pengembangan usaha.

"Semoga tahun ini ada investor yang mau menanamkan modalnya. Karena masalah UKM itu klasik yakni modal dan pemasaran," kata dia.

Selain stan Jawa Timur dan DIY sejumlah daerah juga memamerkan kerajinan khasnya mereka dalam Jakarta Fair 2019, seperti Aceh, Palembang, Cilacap, Banten, hingga DKI Jakarta.

Pameran tahunan yang sudah berlangsung sejak 1968 itu juga memamerkan multiproduk seperti produk otomotif, teknologi, alat olahraga, fashion, perabot, kerajinan tangan, hingga kosmetik.

Baca juga: Kopiah anyaman plastik hingga sambel bandeng asap di Jakarta Fair
Baca juga: Masyarakat antusias pergi ke Jakarta Fair 2019

Pewarta: Asep Firmansyah, Joko Susilo
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019