Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Republik Inodneisa (Polri) saat ini sedang menghadapi masa sulit yang luar biasa, khususnya dalam menjaga keamanan nasional dari oknum yang menginginkan kekacauan di negeri ini. Mulai dari aksi demo sampai dengan menghadapi perusuh, merupakan kerja keras yang dihadapi kepolisian demi menjaga stabilitas keamanan nasional.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kalimantan Tengah, Brigjen Pol Rikwanto, di Palangka Raya, Sabtu mengatakan, pihaknya bersyukur bahwa saat ini di provinsi tersebut situasi keamanan lingkungan masih cukup kondusif, dan masyarakatnya juga tidak mudah terpancing dengan isu-isu berbau fitnah serta kebohongan.

"Saat ini fitnah, berita bohong cukup luar biasa masif. Serangan bertubi-tubi diarahkan kepada pihak kepolisian agar dapat memancing kemarahan masyarakat. Nah disini peranan pers cukup besar, yaitu wajib memberikan infomasi yang benar kepada masyarakat. Tujuannya tidak lain agar stabilitas keamanan nasional tetap terjaga," ungkap Jenderal bintang satu tersebut.

Pers memilik kewajiban menyampaikan informasi yang berimbang, fakta dan kebenaran di tengah-tengah masyarakat, sehingga berbagai fitnah dan tudingan yang dapat merugikan orang lain itu dapat dipatahkan.

Ia mengingatkan, insan pers ketika dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat hendaknya menyampaikan segala sesuatunya secara jelas, bukan hanya dari salah satu sudut pandang saja.

"Ambil contoh, ketika aksi 22 Mei beberapa waktu lalu, aktivitas perekonomian di Jakarta sempat terhenti. Karena tindakan para perusuh, semua toko di kawasan Tanah Abang tutup, bisa dibayangkan yang setiap harinya orang ramai belanja pakaian, kain, dan lain-lain harus berhenti sementara berjualan. Hitung saja, berapa sudah kerugian masyarakat karena tidak bisa beraktivitas seperti biasa," jelasnya.

Ia menyampaikan bahwa tugas seorang pers itu tidak mudah. Kemampuan jurnalis harus bisa melihat sebuah permasalahan dari semua sisi, sehingga informasi yang diulas untuk disampaikan kepada masyarakat juga lebih lengkap, aktual dan fakta yang sebenarnya.

"Harapan kami tentu saja, Polri dan pers merupakan mitra kerja yang tidak dapat dipisahkan. Peran pers dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat sangat penting sebagai antisipasi awal adanya berita bohong atau hoax yang saat ini banyak sekali beredar di media sosial" jelas Jenderal yang pernah menjabat sebagai Karo Multimedia Divhumas Polri.

Karena itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat ketika mendapatkan informasi di dunia maya harus diteliti lagi, apakah berdasarkan dari sumber yang betul atau tidak. Sebab, saat ini banyak website bermunculan namun masyarakat diharapkan untuk dapat lebih bijak dalam bermedia sosial

"Cara bijak bermedia sosial adalah dengan melakukan cek ulang atau cross check kembali terhadap pemberitaan tersebut. Aktif dengan melihat atau membandingkannya dengan berita yang ada di media mainstream/resmi seperti koran, televisi, media daring, sehingga pemahamannya menjadi lebih utuh dan jelas," demikian Rikwanto.

Pewarta: Rachmat Hidayat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019