Polres Bantul terjunkan 450 personel pengamanan mudik Lebaran

Polres Bantul terjunkan 450 personel pengamanan mudik Lebaran

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menerjunkan minimal 450 personel selama Operasi Ketupat Progo dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik Idul Fitri 1440 Hijriah di wilayah hukum kabupaten ini.

"Dalam pengamanan Operasi Ketupat 2019 kita bersinergi dan yang jelas dari kita untuk operasi keselamatan yang diterjunkan adalah 450 personel dari Polri," kata Kepala Polres (Kapolres) Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan di Bantul, Sabtu.

Namun demikian, kata Kapolres, personel yang dilibatkan dalam pengamanan Lebaran 2019 bisa ditambah jumlahnya, kemudian juga mendapat bantuan pengamanan dari institusi lain, organisasi masyarakat dan relawan.

"Tetapi pasti akan kita lebihkan, untuk personel Polri saya minta sekitar 700 sampai 800 personel, belum lagi dibantu teman-teman dari TNI maupun dari instansi lain seperti Dinas Perhubungan (Dishub) dan ormas," katanya.

"Kemarin juga sudah kita kumpulkan, karena ada dari relawan siap membantu kita menyiapkan ambulans dan posko. Artinya masyarakat Bantul bisa bersama untuk menjaga kondusivitas khususnya selama pelaksanaan Operasi Ketupat," katanya.

Ratusan personel yang diterjunkan tersebut akan disiagakan di semua Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan serta pos pantau arus mudik lainnya yang akan didirikan di wilayah Bantul selama dua minggu sejak 29 Mei sampai 10 Juni 2019.

Menurut dia, ada lima Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran yang didirikan diantaranya Pospam Sedayu, Pospam Piyungan, Pospam Ketandan (simpang empat Jalan Wonosari), Pospam Druwo (simpang empat Jalan lingkar selatan), kemudian Pos Pelayanan di Bundaran Srandakan.

"Baik Pospam maupun Pos Pelayanan itu sinergi dari Dinkes (Dinas Kesehatan), kemudian dibantu dari ormas Paksikaton. Jadi intinya kita ingin memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang akan mudik ke wilayah Bantul," katanya.

Kapolres mengatakan, selain dilintasi para pemudik, wilayah Bantul juga terdapat beberapa tujuan wisata yang setiap tahun ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai luar daerah usai merayakan Lebaran di Yogyakarta.

"Kita di Bantul juga ada tujuan wisata, yang tentunya nanti kita menyiapkan juga untuk pengamanan baik itu di tempat-tempat wisata, seperti di wilayah Mangunan Dlingo maupun di kawasan Pantai Parangtritis," katanya.
Pewarta : Hery Sidik
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019