Jakarta (ANTARA) - Jenazah Ustadz Arifin Ilham tiba di Masjid Az Zikra, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, sekitar pukul 20.30 WIB.

Kedatangan jenazah disambut oleh puluhan ribu orang yang telah menunggu untuk menshalatkan untuk kedua kalinya sekaligus mendoakan secara langsung di sekitar Masjid Az Zikra, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Di lokasi pemakaman terlihat telah disiapkan bunga, papan, batu dan cangkul oleh sejumlah pengurus dan santri lain yang turut membantu prosesi pemakaman.

Jenazah akan langsung dimakamkan setelah dishalatkan untuk kedua kalinya di Masjid Az Zikra, Gunung Sindur. Sebelumnya, jenazah juga telah dishalatkan di Az Zikra, Sentul. Shalat jenazah direncanakan akan diimami oleh putra kedua Ustadz Arifin Ilham, Ustadz Muhammad Alvin Faiz.


Malam Jumat

Sementara itu, sahabat dekat Ustadz Arifin Ilham, da'i kondang Ustadz Yusuf Mansur mengatakan bahwa Ustadz Arifin Ilham ingin dimakamkan pada malam Jumat.

"Kan delay terus, pagi enggak jadi, siang enggak jadi, jangan-jangan ini keinginan ustadz, ingin dikebumikan memang malam Jumat," katanya setelah mengikuti shalat jenazah untuk Ustadz Arifin Ilham di Masjid Az Zikra, Sentul.

Yusuf Mansur mengatakan dirinya telah berada di Bandara Halim dari pukul 09.00 WIB untuk menyambut sejumlah tamu yang ingin turut menunggu kedatangan jenazah seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kapolri Tito Karnavian dan Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Dia menambahkan, semoga almarhum husnul khotimah dan Insya Allah doa dari semua kaum Muslimin di seluruh Indonesia yang dipanjatkan saat berpuasa Ramadhan diterima oleh Allah SWT.

"Umat Islam di Tanah Air kehilangan beliau, saya kira bukan hanya jamaah pengajiannya saja, tetapi semua Muslimin dan Muslimat di seluruh Tanah Air ini. Ustadz Arifin Ilham kan selalu mengingatkan kepada kita semua untuk selalu shalat berjamaah, shalat tahajud, shalat dhuha, menjaga wudhu, serta amaliah silaturahim," katanya.*


Baca juga: Dirut Baznas kenang Ustadz Arifin Ilham sosok taat ibadah

Baca juga: Said Aqil: Arifin Ilham orang yang sangat sederhana

Baca juga: Ustadz Arifin Ilham akan dimakamkan dekat pohon kedondong

Pewarta: Katriana/Arief Mujayatno
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019