Kepada penerima zakat kita berharap dapat mengurangi beban keuangan yang dialaminya, dan juga dapat meningkatkan pendapatannya pada masa-masa yang akan datang melalui peningkatan produktivitas usahanya
Kabupaten Kampar (ANTARA) -
Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, pada Ramadhan 1440 Hijirah mendistribusikan zakat sebesar Rp108,6 juta kepada 67 "mustahik" untuk dapat meringankan beban mereka dalam mengembangkan usaha dan sebagai biaya pendukung pendidikan.

"Zakat tersebut bersumber dari 2,5 persen dari gaji pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten tahun 2019 pada tahap satu," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar Drs H Alfian, MAg di Kampar, Rabu.

Menurut dia penghimpunan zakat pegawai dilaksanakan sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat At-Taubah ayat 103, yang menyebutkan "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu akan menjadi ketenteraman jiwa bagi mereka, dan Allah SWT Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".

"Kepada penerima zakat kita berharap dapat mengurangi beban keuangan yang dialaminya, dan juga dapat meningkatkan pendapatannya pada masa-masa yang akan datang melalui peningkatan produktivitas usahanya itu," katanya.

Penyelenggara Syariah yang juga merupakan Ketua UPZ Kemenag Kampar Muhammad Yamin mengatakan, distribusi zakat dilaksanakan berdasarkan SK Pengurus UPZ Kemenag Kampar Nomor: 03/SK-UPZ/KKA/X/2019, pada tanggal 17 Mei 2019.

Untuk penerima zakat adalah sebanyak 67 orang, terdiri atas mustahik Kantor Kemenag Kampar sebanyak 38 orang yang masing-masing mempeorleh zakat produktif sebanyak 33 orang dan zakat konsumtif 5 orang.

Berikutnya mustahik madrasah sebanyak 29 orang mendapatkan biaya pendidikan.

"Dari total zakat sebanyak Rp108,6 juta itu diberikan untuk mustahik Kantor Kemenag Kampar sebesar Rp81 juta dan untuk mustahik madrasah sebesar Rp27,6 juta," katanya. 

Baca juga: Kemenag Riau tetapkan nilai zakat fitrah untuk beras

Baca juga: Baznas Riau himpun Rp15,815 miliar zakat

Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019