Pontianak (ANTARA) - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat Muda Mahendrawan mengatakan pihaknya akan memaksimalkan semua potensi yang ada di desa terluar dari kabupaten tersebut untuk mempercepat pemerataan pembangunan  di setiap desa.

"Walau pun beberapa desa yang ada di Kubu Raya berada jauh terpelosok dan terluar dari ibu kota kabupaten, namun sebenarnya banyak potensi yang ada di dalamnya yang harus kita manfaatkan dan gerakan bersama secara masif," kata dia saat melakukan  Safari Ramadhan di Desa Dabong, Kecamatan Kubu, Rabu.

Untul itu, dirinya mengajak kepada semua masyarakat yang ada di sana untuk membangun Dabong bersama-sama.

"Saya pastikan akan memaksimalkan potensi yang ada di Dabong dan desa terluar lainnya, untuk meningkatkan ekonomi dan pembangunan masyarakat," tuturnya.

Mengingat sebagian besar masyarakat Dabong merupakan nelayan dan pembudidaya ikan dan hasil tangkap, pihaknya akan kembali mensinergikan program perikanan tangkap dan budidaya untuk memaksimalkan pendapatan masyarakat.

"Kabupaten Kubu Raya ini  memiliki potensi perikanan, salah satunya adalah Dabong. Sebagai bentuk awal untuk menjadikan Kubu Raya sebagai sentral perikanan di Kalimantan Barat, Pemkab Kubu Raya melalui Dinas Pertanian dan Perikanan saat ini akan kembali memaksimalkan sumber daya ikan di setiap kecamatan," tuturnya.

Muda menuturkan, melihat besarnya potensi perikanan yang ada di setiap kecamatan di kabupaten yang dipimpinnya, dia menginginkan setiap kecamatan memiliki produk perikanan tersendiri.

Dia juga mengatakan, melalui beberapa program yang saat ini sedang digalakkan, diharapkan jumlah pengangguran di kabupaten itu dapat terus dikurangi.

Untuk itu dia mengajak nelayan kecil terus diberdayakan, dan mereka harus aktif membantu dan mengembangkan wilayah konservasi tangkapan menjadi besar.

"Makanya, beragam program untuk masyarakat terus disinergikan dan dikawal," kata Muda.

Dia mengajak masyarakat untuk secara bersama-sama menjaga potensi perikanan di Kubu Raya ini. Sebab Kubu Raya merupakan penghasil produk khas, seperti kepiting dan udang galah.

"Sudah saatnya menjadikan Kubu Raya penghasil dan pengekspor produk tersebut," katanya.

Muda juga menjelaskan bahwa prospek perikanan Kubu Raya sebetulnya sangat menjanjikan. Karena sebagai daerah besar, di mana sebagian wilayahnya berada di kawasan pesisir pantai dan perairan, kabupaten ini memiliki peran besar bagi Kalbar.

"Tidak hanya potensi perikanan ikan air tawar. Ada juga perikanan air asin yang bisa diandalkan, seperti kepiting dan udang galah, merupakan varian perikanan berprospek bagus," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019