Arus mudik di Pelabuhan Batulicin, Kalsel, diprediksi naik 15 persen

Arus mudik di Pelabuhan Batulicin, Kalsel, diprediksi naik 15 persen

Kapal feri penyeberangan Batulicin, Tanah Bumbu-Tanjung Serdang Kotabaru. (Antaranews Kalsel/ist/imm)

Kotabaru (ANTARA) - Jumlah penumpang arus mudik yang akan menggunakan kapal feri penyeberangan Pelabuhan Batulicin, Tanah Bumbu-Tanjung Serdang, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, diperkirakan naik sekitar 15 persen dari kondisi normal.

"Lebaran Idul Fitri tahun ini akan berbeda dengan lebaran sebelumnya, dan diperkirakan penumpang akan mengalami lonjakan hingga 15 persen dari hari biasa yang hanya mencapai 600 penumpang," kata PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Anang di Kotabaru, Selasa (21/5).

Mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, ASDP telah menyiapkan tujuh unit kapal untuk melayani calon pemudik rute Pelabuhan Tanjung Serdang - Batulicin.

Tujuh kapal tersebut adalah KMP Teluk Cendrawasih, KMP Gutila, KMP Kerapu III, KMP Bamega Jaya, KMP Mahakam Raya, KMP Jembatan Musi II dan KMP Truno Joyo.

Ia mengatakan, semua armada siaga 24 jam untuk melayani calon penumpang, mengantisipasi lonjakan penumpang yang datang tiba-tiba.

Namun lonjakan tersebut juga masih terjadi antrean panjang, maka pihak manajemen ASDP akan menerapkan dan menambah kapal agar semua calon penumpang bisa segera diberangkatkan ke pelabuhan tujuan.

Sementara itu, dalam memberikan pelayaran yang terbaik dalam menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah  ASDP Cabang Batulicin menyiapkan 800 lembar tiket gratis untuk calon penumpang kapal rute Pelabuhan Tanjung Serdang, Kotabaru ke Batulicin dan sebaliknya.

"Tiket gratis tersebut khusus untuk calon penumpang golongan Ekonomi B dewasa atau pejalan kaki," ujarnya.
Pewarta : Imam Hanafi
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019