Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan inspeksi ke toko-toko penjual parsel di Surabaya untuk memastikan keamanan produk bagi konsumen menjelang Lebaran.

"Saya dan tim dari pihak-pihak terkait memantau langsung bagaimana parsel yang dipasarkan agar konsumen aman mengonsumsinya," katanya di sela inspeksi di Toserba Palapa, Jalan Adityawarman, Surabaya, Minggu siang.

Selain ke Toserba Palapa, orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu juga mengecek toko-toko pusat penjualan parsel di kawasan Jalan Wali Kota Mustajab Surabaya.

Khofifah mengatakan inspeksi di lapangan sangat diperlukan karena pekan ini merupakan waktu puncak bagi konsumen untuk membeli produk-produk atau bingkisan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Selama melakukan inspeksi, Gubernur secara umum tidak menemukan pelanggaran atau produk yang bisa membahayakan konsumen. Produk yang dipilih secara acak dan diperiksa semuanya memenuhi ketentuan.

"Kualifikasi dan regulasi menjadi sangat penting, seperti izin edar, masa kedaluwarsa, rusak atau tidaknya kemasan maupun indikasi kemungkinan menggunakan bahan baku pewarna kain tapi untuk makanan dan lainnya," kata Gubernur, yang melakukan inspeksi didampingi pejabat Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Kepala Bidang Pemeriksaan BBPOM Surabaya Endah Setijowati menyatakan bahwa tidak ada pelanggaran peraturan yang ditemui selama pemeriksaan dan berharap kondisi demikian berlangsung hingga setelah Lebaran.

"Secara umum sesuai aturan, tapi tadi memang ada satu kaleng susu yang penyok. Tapi, sudah diminta untuk dibenahi dan diganti," katanya.

Baca juga:
BBPOM Yogyakarta mulai awasi parsel jelang Lebaran
PNS dilarang terima gratifikasi Lebaran, apa saja bentuknya?

 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019