Denpasar (ANTARA) - Pameran mobil dan motor klasik dari klub di Bali yang diselenggarakan di Lapangan Margarana Renon, Kota Denpasar meraih Rekor MURI, karena dinilai sebagai kegiatan paling banyak diikuti oleh kendaraan dan motor.

Ketua Perhimpunan Penggemar Mobil Klasik Indonesia (PPMKI) Provinsi Bali Gede Agus Mahendra Pendit di Denpasar, Bali, Minggu, mengatakan kegiatan pameran terbesar ini adalah yang pertama kali di Pulau Dewata dalam menyambut peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2019.

Ia mengatakan untuk mendapatkan Rekor MURI tersebut ada beberapa kriteria dan jumlah dari penilaian oleh pihak MURI. Pada pameran kali ini mempunyai ciri khusus, sehingga mampu menyabet Rekor MURI, salah satunya kendaraan dan motor klasik dipamerkan dalam satu tempat.

"Untuk pameran ini melibatkan 500 unit mobil klasik dan sedikitnya 1.000 motor klasik. Dengan demikian pihak penilai menobatkan untuk mendapatkan Rekor MURI," ujar pria asal Kabupaten Tabanan itu.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan kerja sama PPMKI Bali dengan Polda serta Pemerintah Provinsi Bali.

Dalam kegiatan pameran tersebut, Ketua Pembina PPMKI Bali Jos Dharmawan menambahkan kegiatan ini mendapat simpati dari masyarakat dan penggemar mobil dan motor klasik.

"Sejumlah koleksi pribadinya dipamerkan dalam kegiatan ini. Ada juga mobil klasik buatan tahun 1928, begitu juga dipamerkan mobil yang pernah digunakan oleh istri Presiden RI pertama Ibu Padmawati Soekarno," ucapnya.

Ia berharap ke depannya akan semakin banyak klub-klub di Bali dan luar Bali yang bisa ikut serta berpameran. Sebab dengan pameran ini sekaligus mendorong anak-anak mudah agar lebih kreatif dan mengenal mode transportasi sejak zaman dahulu.

"Pameran tersebut untuk memperkenalkan lebih luas perkembangan dunia otomotif, sehingga generasi muda semakin tertarik untuk mengkoleksi kendaraan klasik," katanya.

Baca juga: PPMKI Bali pamerkan mobil klasik sambut Hari Kebangkitan Nasional

Baca juga: Ragam panggung IIMS, musik hingga modifikasi

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019