Hidangan buka dan sahur gratis diberikan kepada semua penumpang KA jarak jauh dan tidak berlaku untuk KA lokal
Cirebon (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI), selama 10 hari terakhir bulan Ramadhan 1440 Hijriyah, akan menyiapkan hidangan buka puasa dan sahur gratis bagi para pengguna jasa kereta api jarak jauh.

"Hidangan buka dan sahur gratis diberikan kepada semua penumpang KA jarak jauh dan tidak berlaku untuk KA lokal," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Kuswardojo di Cirebon, Sabtu.

Kus mengatakan hidangan buka dan sahur geratis itu diberikan kepada para pengguna jasa di atas kereta atau saat perjalanan.

Pembagian buka dan puasa gratis, lanjut Kus,  akan diberlakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan atau saat memasuki masa Angkutan Lebaran 2019.

"Pelaksanaanya diberikan di atas KA selama perjalanan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan," ujarnya.

Dia menjelaskan pembagian buka dan sahur gratis tersebut berlaku di semua kereta, baik ekonomi, bisnis maupun eksekutif dan bukan kereta lokal.

Selain itu, kata Kus, untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa KA selama angkutan Lebaran, KAI pun memberikan program berbagi kepada masyarakat seperti Mudik Gratis untuk 2.500 penumpang.

KAI mengimbau seluruh penumpang mematuhi peraturan yang berlaku, di antaranya, ketentuan kapasitas bagasi tidak melebihi 20 kg.

Karena untuk penumpang yang membawa bagasi melebihi ketentuan yang ditetapkan akan dikenakan bea kelebihan bagasi dengan tarif bagasi KA eksekutif Rp10.000/kg, KA bisnis Rp6.000/kg, KA ekonomi Rp2.000/kg.

"Patut diingat juga bahwa perjalanan KA bebas asap rokok. Penumpang tidak diperkenankan merokok selama perjalanan KA," katanya.

Baca juga: KAI tambah rangkaian KA Mutiara Timur pada mudik Lebaran 2019

Baca juga: Biar lebih murah, KAI tambah enam kereta Sleepers baru tahun 2019


 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019