Sidoarjo (ANTARA) - Anggota DPR RI Bambang Haryo meminta supaya angkutan penerbangan yang ada di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur tepat waktu, terutama saat Lebaran mengingat waktu liburan sangat pendek, sehingga dimungkinkan akan terjadi lonjakan penumpang.

"Ini diharapkan ada pasokan dan kebutuhan masyarakat bisa dapatkan kapasitas angkut tepat waktu, ditambah lagi, tanggal muda," katanya, di sela melakukan peninjauan kesiapan Lebaran, di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jumat.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah juga sudah menurunkan tarif pesawat supaya gairah masyarakat menggunakan jasa transportasi udara bisa menggeliat.

"Jangan sampai tarif ini kembali mahal, ini yang harus terus dikontrol," katanya.

Dia mengatakan, transportasi udara itu sebenarnya untuk masyarakat kelas menengah atas. Tetapi banyak penerbangan berbiaya murah "Low Cost Carrier" (LCC), sehingga masyarakat kelas menengah bawah banyak menggunakan jasa angkutan ini.

"Oleh karena itu, saya mendorong kepada pemerintah supaya membangun terminal khusus LCC, supaya tidak begitu membebani penumpang dengan adanya airport tax murah dan juga landing fee murah," ujarnya pula.

Menanggapi permintaan itu, General Manager Bandara Internasional Juanda Surabaya Heru Prasetyo mengatakan, pihaknya akan memenuhi permintaan anggota DPR RI ini.

"Kami akan terus berusaha untuk memenuhi apa yang diusulkan tersebut. Namun yang jelas, untuk persiapan Lebaran di Bandara Juanda ini sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari," katanya.

Salah satunya, kata dia, Bandara Internasional Juanda Surabaya telah menyiapkan sebelas unit mesin "self check in kios" atau mesin cetak tiket mandiri sebagai upaya untuk memudahkan para penumpang dalam proses keberangkatan selama Lebaran 2019.

Mesin cetak tiket mandiri itu masing-masing tersedia di Terminal 1 dan juga di Terminal 2.

"Dengan fasilitas ini, penumpang yang bepergian tanpa bagasi langsung dapat 'check-in' tanpa harus melapor ke konter. Harapan kami para pengguna jasa dapat memanfaatkannya untuk mengurai antrean terutama saat angkutan lebaran," katanya pula.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019