10 aplikasi untuk temani ngabuburit Ramadhan

10 aplikasi untuk temani ngabuburit Ramadhan

Ilustrasi aplikasi ponsel (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Menunggu waktu berbuka puasa paling menyenangkan jika diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, pengguna bisa memakai ponsel untuk melakukan sejumlah kegiatan jelang berbuka.

Berikut ini rangkuman beberapa aplikasi yang dapat diakses sambil menunggu waktu berbuka, mulai dari beribadah sampai memasak. Sebelum memasang aplikasi ini di ponsel, pastikan mengunduh aplikasi resmi yang dibuat oleh pengembang.

Jika menggunakan ponsel Android, sempatkan untuk mengklik "Read More"untuk melihat siapa pembuat aplikasi tersebut.

1. Muslim Pro
Muslim Pro merupakan salah satu aplikasi penunjang ibadah yang terpouler di platform Android. Lewat aplikasi buatan Muslim Pro Limited ini, pengguna bisa mengetahui waktu shalat. membaca Al Quran, menggunakan tasbih virtual untuk menghitung zikir hingga menentukan kiblat.

Aplikasi Muslim Pro tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk diantaranya bahasa Indonesia, Melayu dan Inggris.

2. Qur'an Kemenag
Mushaf Al Quran digital ini dibuat oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran Kementerian Agama, ayat-ayat di dalamnya menggunakan Mushaf Standard Indonesia Rasm Usmani.

3. Umma
Aplikasi buatan Khazanah Prima ini memuat konten berupa artikel maupun video kajian dan ceramah dari pemuka agama yang sudah diverifikasi. Pengguna bisa mengatur agar konten yang muncul sesuai dengan ketertarikan.

4. Kesan
Kesan dirancang oleh perusahaan Kesan Indonesia, berupa aplikasi yang menawarkan fitur-fitur antara lain jadwal shalat, arah kiblat, doa dan shalawat, hadis dan kitab kuning.

5. Belajar Al Qur-an
Aplikasi ini dirancang untuk anak-anak untuk belajar membaca Al Quran, materinya disesuaikan dalam berbagai tahap, seperti ketika membaca Iqra. Aplikasi buatan PaperPlay Studio ini juga dilengkapi dengan audio untuk mengenal huruf hijaiyah.

6. Kitabisa
Aplikasi penggalangan dana Kitabisa juga menyediakan fitur untuk berdonasi dan membayar zakat. Kitabisa menyediakan pembayaran melalui metode transfer dan dompet digital.

Zakat yang dapat dibayarkan melalui Kitabisa antara lain Zakat Maal dan zakat profesi dan akan disalurkan ke mitra lembaga amil zakat, antara lain BAZNAS, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa dan Aksi Cepat Tanggap.

7. Cookpad
Lewat aplikasi memasak ini, pengguna bisa menemukan berbagai resep agar makanan berbuka puasa di rumah bervariasi. Pengguna bisa menggunakan tanda pagar atau kata kunci misalnya "Ramadhan" untuk menemukan referensi resep makanan berbuka puasa.

8. Eatigo
Jika ingin berbuka puasa di luar rumah, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi Eatigo untuk memesan restoran. Eatigo juga menawarkan potongan harga jika memesan restoran melalui aplikasi tersebut.

9. Traveloka
Merencanakan mudik atau berwisata saat libur hari raya Lebaran juga dapat dilakukan di mana saja melalui ponsel. Traveloka menyediakan pemesanan tiket pesawat, kereta, bus, hotel hingga atraksi wisata melalui berbagai metode pembayaran.

10. Google Maps
Aplikasi peta dan navigasi Google Maps bukan hanya digunakan untuk mencari rute perjalanan, namun, juga untuk melihat masjid terdekat dari lokasi pengguna berada. Ketik "masjid terdekat" atau "masjid dekat sini" di kolom pencarian, pengguna akan diberi tahu alamat dan jarak masjid atau mushalla terdekat.
 
Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019