"Penambahannya 210 orang. Jadi totalnya sekitar 1.500 jamaah kita tahun ini yang berangkat ke Tanah Suci," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Wilayah Kepri, Afrizal
Batam (ANTARA) (ANTARA) - Kuota jamaah haji untuk Provinsi Kepulauan Riau yang berangkat pada musim haji 1440 Hijriah bertambah 210 orang, seiring dengan penambahan kuota haji nasional.

"Penambahannya 210 orang. Jadi totalnya sekitar 1.500 jamaah kita tahun ini yang berangkat ke Tanah Suci," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Wilayah Kepri, Afrizal melalui sambungan telepon dari Batam, Rabu (8/5).

Ia mengatakan Kemenag belum mengumumkan siapa saja warga yang berhak menunaikan ibadah haji dari kuota tambahan itu.

Namun, ia memastikan dari 210 kuota haji tambahan, 105 orang di antaranya diambil dari antrean lanjut usia, sedang 105 orang lainnya diambil dari antrean porsi ibadah haji.

Seluruh jamaah haji tambahan itu juga dibagi untuk seluruh kabupaten kota, berdasarkan nomor urut.

"Dibagi ke kabupaten kota. Diambil 105, siapa yang paling teratas nomor porsinya. Kemudian ambil lagi 105 dari lansia," kata dia.

Bila jumlah lansia yang sudah terdaftar tidak sampai 105 orang, maka yang sisa kuota akan dialihkan kepada pendaftar pada nomor urut selanjutnya.

Sementara itu, untuk kuota haji murni, ia mengatakan saat ini Kemenag masih menunggu pelunasan tahap 2, hingga batas waktu 10 Mei 2019.

Ia mengakui, masih terdapat sejumlah calon haji yang belum melunasi kewajibannya.

"Jumlahnya saya lupa. Tapi nanti kalau masih ada yang belum melunasi, dibuka kembali tahap 3,, kata dia.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019