"Alhamdulillah, dari pantauan kita tadi, secara umum harga masih relatif stabil. Kalau pun ada yang naik, masih pada batas kewajaran," kata Irianto.
Tanjung Selor (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan Tjahja Widayanti memantau langsung harga kebutuhan pokok di Pasar Gusher Tarakan.

Dilaporkan di Tarakan, Selasa (7/5), hal itu dilakukan untuk memastikan harga-harga di pasaran tetap stabil.

Memasuki bulan Ramadhan hingga menjelang hari raya Idul Fitri, biasanya ada kenaikan harga kebutuhan pokok.

Hal itu terjadi karena meningkatnya permintaan dan kebutuhan masyarakat.

"Alhamdulillah, dari pantauan kita tadi, secara umum harga masih relatif stabil. Kalau pun ada yang naik, masih pada batas kewajaran," kata Irianto.

Misalnya, harga daging ayam ras di Pasar Gusher sekitar Rp38.000 per kilogram. Kemudian bawang putih Rp40.000 per kilogram.

Untuk menjaga kestabilan harga, dikoordinir oleh Disperindagkop Provinsi Kaltara, bersama Disperindagkop Kabupaten/Kota akan rutin melakukan monitoring di lapangan hingga H-1 sebelum Idul Fitri nanti.

Kita mengimbau kepada para pedagang untuk tidak menjual dengan harga yang jauh di atas ketentuan. Karena akan ada sanksinya nanti.

Selain memantau ke pasar, tadi kami juga meninjau ke Gudang Bulog Tarakan. Tinjauan ini untuk memastikan stok beras, gula dan minyak goreng yang ada di Bulog.

Alhamdulillah, sesuai laporan dan pantauan langsung tadi, stok kita masih mencukupi. Bahkan untuk beras, stok masih cukup untuk tiga bulan ke depan.
 

Pewarta: Iskandar Zulkarnaen
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019