Jakarta (ANTARA) - Memiliki rasa yang manis dan lembut, kacang mete menjadi camilan idola di Hari Raya. Nyatanya, kacang ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Kacang jenis ini sering juga digunakan sebagai alternatif produk susu seperti susu mete, krim asam, keju atau saus krim.

Nutrisi yang terkandung dalam kacang ini juga cukup banyak seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, zat besi, magnesium, sodium, folat, vitamin C, E, K, B6 dan lainnya, maka tidak heran jika kacang mete memiliki banyak khasiat untuk kesehatan seperti yang akan dibahas berikut ini menurut Boldsky, Senin.

1. Mengelola berat badan
Menurut penelitian, perempuan yang jarang mengonsumsi kacang mete berat badannya lebih mudah mudah naik dibandingkan dengan yang mengonsumsinya dua kali atau lebih dalam seminggu. Studi lain menemukan bahwa makan kacang-kacangan dapat membantu mempertahankan berat badan. Kacang dapat menjaga perut tetap kenyang serta berkontribusi terhadap produksi panas dalam tubuh.

2. Mempromosikan kesehatan jantung
Kecang mete dikemas penuh dengan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida serta meningkatkan kolesterol baik. Hal tersebut juga berfungsi untuk menurunkan resiko penyakit jantung, stroke, serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Kacang-kacangan ini juga merupakan sumber magnesium yang mampu melemaskan otot-otot jantung dan mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

3. Mengurangi resiko diabetes
Sebuah penelitian mengatakan bahwa tanaman kacang mete memiliki sifat antidiabetes dan ekstrak biji mete telah dikaitkan dengan resistensi insulin dan toleransi glukosa.

4. Mencegah kanker
Mengonsumsi kacang-kacangan termasuk mete dapat menurunkan resiko kanker. Sebab mereka adalah sumber antioksidan yang baik seperti tokoferol, asam anakardat, cardanol, cardol dan senyawa fenolik tertentu yang disimpan dalam kulit kacang mete. Antioksidan ini melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif yang mengarah pada mutasi sel, kerusakan DNA dan pembentykan tumor kanker.

5. Mencegah batu empedu
Batu empedu terjadi karena kelebihan kolesterol dan konsumsi kacang mete secara teratur mampu menurunkan resiko pembentukan batu empedu. Menurut sebuah penelitian, peningkatan konsumsi kacang mengurangi resiko kolesistektomi pada perempuan.

6. Meningkatkan produksi sel darah merah
Kacang mete memiliki cukup banyak zat besi yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah dan menurunkan resiko anemia. Zat besi juga diperlukan untuk menjaga saraf, pembuluh darah dan sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan baik.

7. Meningkatkan kesehatan mata
Kacang mete kaya akan lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa ini mencegah kerusakan sel pada mata yang disebabkan oleh radikal bebas, yang mengarah ke penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak.


Baca juga: Kacang mete Indonesia dipasarkan ke tujuh negara

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019