Semarang (ANTARA) - Pertamina Marketing Operation Region IV menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) di jalan tol Trans Jawa wilayah Provinsi Jawa Tengah selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini dengan menyediakan perangkat pendukung.

"Salah satu upaya kami menjamin ketersediaan pasokan BBM dengan mempersiapkan adanya SPBU sementara atau portabel terkait dengan masih minimnya ketersediaan SPBU di ruas tol Trans Jawa yang ada di wilayah Jateng-DIY," kata General Manager Pertamina MOR IV Tengku Fernanda di Semarang, Selasa.

Ia menyebutkan SPBU portabel saat ini baru tersedia di tujuh titik dan akan bertambah sesuai dengan permintaan dan kondisi di lapangan hingga menjelang Hari Raya Lebaran.

Baca juga: Hadapi lebaran, Pertamina kembangkan pelayanan digital

Menurut dia, hal tersebut sama dengan operasi Lebaran pada 2018 dan dinilai masih mampu melayani para pemudik.

"SPBU portable akan ditempatkan di 'rest area' yang tempatnya luas. Saat ini, dari tujuh titik itu tiga ada di jalur Jakarta-Surabaya dan sisanya dari Surabaya-Jakarta," ujarnya.

Selain itu, Pertamina juga akan menyiapkan bahan bakar khusus (BBK) dalam kemasan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Tantangan khusus bagi kami di MOR IV adalah karena sudah diaktifkannya jalan tol Trans Jawa, sementara SPBU yang ada di kedua sisi itu baru tiga di wilayah kita," katanya.

Dengan adanya SPBU portabel tersebut akan memperkuat pasokan dan suplai BBM di ruas jalan tol Trans Jawa saat pergerakan arus mudik dan bali Lebaran nanti.

Baca juga: Pertamina siagakan 43 SPBU sepanjang Tol Trans Jawa pada Lebaran 2019
Baca juga: Tambah 18 SPBU, Pertamina optimalkan layanan BBM di Tol Trans-Jawa

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019