Denpasar (ANTARA) - Perajin Kota Denpasar, Bali akan mengikuti ajang "Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) sebagai kegiatan pameran kerajinan terbesar di Indonesia yang akan gelar di Jakarta pada 24-28 April 2019.

Ketua Dekranasda Kota Denpasar Selly Dharmawijaya Mantra di Denpasar, Kamis, mengatakan yang akan mengikuti Inacraft sebanyak tujuh perajin binaan Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kota Denpasar.

"Tujuh perajin yang telah terseleksi dengan berbagai kerajinan di Kota Denpasar seperti perak, boneka, tekstil, kosmetik, sandal, dan tas akan mengikuti Inacraft.

"Keterlibatan perajin Denpasar secara bergiliran yang telah diseleksi masing-masing OPD terkait diharapkan dapat menambah wawasan dan ide kreatif dalam ajang pameran terbesar di Indonesia bahkan di Asia," ujarnya.

Lebih lanjut Selly Mantra mengatakan keterlibatan para perajin di Kota Denpasar dalam ajang Inacraft ini tidak saja memajang hasil kerajinannya, namun juga dapat melirik inovasi hasil kerajinan dari daerah lainnya.

Menurut Selly Mantra, dari beberapa pelaksanaan Inacraft selalu menampilkan inovasi produk baru dari masing-masing daerah.

"Disini para perajin dapat mengambil momentum untuk meningkatkan inovasi produk kerajinannya, tidak saja sekadar memajang hasil kerajinan yang dibawa dari Denpasar," ujarnya.

Dalam berpameran, Selly Mantra mengharapkan para perajin Denpasar tidak saja memajang tekstil tenun ikat endek, namun juga dapat menampilkan produk seperti tas, sandal, aksesoris perak dan juga boneka. Ke depan juga diharapkan para perajin dapat ikut serta secara mandiri setelah difasilitasi Pemkot Denpasar dalam ajang Inacraft.

"Sampai saat ini beberapa perajin Denpasar sudah dapat secara mandiri ikut serta dalam ajang Inacraft, serta semoga dapat meningkatkan nilai ekspor dengan ragam warna produk kerajinan Denpasar," ujarnya.

Sementara Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Pemkot Denpasar I Made Saryawan mengatakan keikutsertaan tujuh perajin dalam Inacraft tahun ini telah terseleksi melalui OPD masing-masing.

Dikatakannya, keterlibatan ini juga dilakukan secara bergiliran sehingga nantinya diharapkan seluruh perajin Denpasar mendapatkan kesempatan yang sama dalam ajang pameran kerajinan bergengsi di Indonesia dengan jumlah pengunjung terbanyak itu.

Menurut Saryawan, tahun ini yang mengikuti pameran Inacraft meliputi kerajinan tas "My Sun Craft, Denara Bali, Kiana Butik, O&G Silver, MG kebaya, Bali Aneka Shoes, dan Rumah Boneka Bali".

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019