Bantu gunakan hak pilih, petugas TPS RSCM keliling kamar pasien

Bantu gunakan hak pilih, petugas TPS RSCM keliling kamar pasien

Petugas TPS RSCM mengunjungi kamar pasien yang ingin memberikan hak suaranya pada Pemilu 2019, di Jakarta, Rabu, (17/4/2019). (FOTO ANTARA/Aditya Pradana Putra)

Jakarta (ANTARA) - Petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) 34 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) berkeliling ke kamar pasien yang ingin memilih tetapi kondisinya tidak memungkinkan untuk datang ke lokasi pemungutan suara.

"Ada empat pasien yang kita kunjungi ke kamarnya, dua di antaranya di ruang ICU (Intensive Care Unit)," kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Tempat Pemungutan Susara (TPS) RSCM, Safarudin di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pemungutan suara keliling ke kamar pasien ini sebagai upaya mengakomodasi seluasnya kesempatan agar pemilih dapat memberikan hak suaranya meski dalam keadaan sakit.

"Namun tentunya sesuai persetujuan dari pengawas dan saksi. Kita membawa bilik suara ke kamar pasien," katanya.

Jumlah daftar pemilih di TPS RSCM sebanyak 298 orang, semuanya terdaftar sebagai pemilih tambahan.

"Sebagian besar adalah dokter muda yang sedang pendidikan spesialis, selanjutnya pegawai yang ada di rumah sakit ini dan pasien atau keluarga yang memiliki formulir pindah memilih A5," kata Safarudin.

Selain itu juga ada sekitar 25 pemilih dari pasien dan keluarga pendamping yang pindah tempat pemungutan ke TPS 34 RSCM.

Untuk pertama kalinya, Indonesia menggelar pemilihan umum presiden dan anggota legislatif secara serentak pada 17 April 2019. Pemilu serentak ini diikuti 190.770.329 Warga Negara Indonesia di dalam dan luar negeri.

Baca juga: RSCM sarankan pasien koordinasi ke KPU soal kendala memilih

Baca juga: Millenial menjadi mayoritas pemilih di RSCM
Pewarta : Virna P Setyorini/Boyke Ledy Watra
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019