Rektor Unsyiah: UTBK gelombang pertama dimulai 13 April

Rektor Unsyiah: UTBK gelombang pertama dimulai 13 April

Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal

Banda Aceh (ANTARA) - Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh Prof Samsul Rizal menyatakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di perguruan tinggi tersebut dimulai 13 April 2019.

"Ujian gelombang pertama ini akan berlangsung pada Sabtu dan Minggu hingga 4 Mei 2019. Setiap peserta memiliki jadwal tes yang berbeda-beda. Kami berharap peserta dapat mengingat jadwalnya sesuai yang tercantum di kartu ujian," katanya di Banda Aceh, Kamis (11/4).

Ia menjelaskan untuk mengikuti ujian gelombang pertama tersebut, peserta yang sudah terdaftar harus mengingat dengan baik nomor pendaftaran sehingga tidak terlewatkan jadwal yang telah ditentukan.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Marwan menjelaskan pelaksanaan UTBK setiap harinya dibagi dalam dua sesi yakni pagi dan siang, di mana sesi pagi, peserta masuk ruang jam 07.30 WIB dan ujian akan berlangsung mulai jam 08.00 WIB hingga pukul 11.45 WIB.

Sementara sesi siang, peserta masuk ruang jam 13.00 dan ujian berlangsung jam 13.30 WIB hingga 17.15 WIB. Para peserta diharuskan berada di lokasi ujian tiga puluh menit sebelum ujian dimulai karena ada pemeriksaan dokumen serta simulasi soal sebelum ujian.

"Bagi peserta yang datang terlambat ketika ujian sudah dimulai, tidak diperbolehkan lagi mengikuti ujian," katanya.

Ia juga berpesan peserta agar membawa Kartu Tanda Peserta UTBK, fotokopi ijazah yang dilegalisir (bagi lulusan 2017 dan 2018), serta membawa surat keterangan sedang duduk di kelas XII (bagi lulusan 2019).

Marwan menjelaskan UTBK adalah ujian masuk perguruan tinggi yang dilakukan secara elektronik menggunakan perangkat komputer. Ujian tersebut wajib diikuti setiap calon mahasiswa peserta SBMPTN dan nilai UTBK menjadi syarat utama.

Ia menyebutkan di Unsyiah, ada 33 ruang laboratorium komputer yang menjadi lokasi ujian UTBK yang tersebar 13 lokasi, yaitu Gedung ICT Center, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keperawatan, Fakultas Kedokteran Gigi dan FKIP.

Kemudian SMA Labschool Unsyiah, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas MIPA, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Gedung Laboratorium Terpadu, Gedung Laboratorium Dasar FMIPA, dan Gedung Magister Manajemen.

"Humas Unsyiah sudah mengeluarkan peta lokasi untuk memudahkan peserta yang dapat dilihat di website www.unsyiah.ac.idÿatau di Instagram@univ_syiahkuala." katanya.

Ia menambahkan Unsyiah juga telah telah bekerja sama dengan PLN Wilayah Aceh agar selama tes berlangsung tidak ada pemadaman listrik.
 

Pewarta : M Ifdhal
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019