Banjarbaru (ANTARA) - United States Agency for International Development (USAID) Indonesia bakal memberikan pendampingan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk memperkuat pelaksanaan program pengaduan masyarakat Kalimantan Selatan.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor di Banjarbaru Rabu mengatakan,dia mendapatkan kunjungan dari tim USAID yang menyatakan mengapresiasi program pengaduan masyarakat melalui aplikasi Lapor Paman.

"Tim USAID mengatakan bakal memberikan pendampingan, sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan program peningkatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat," katanya.

Acting Director of the Office of Democratic Resilience and Governance USAID Indonesia, Anders Mantius, mengatakan, juga mengapresiasi program Turun ke Desa ( Turdes) yang kerap dilakukan Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel.

Anders juga mengaku bangga, bisa membantu pengembangan layanan aduan dan aspirasi melalui aplikasi Lapor Paman.

"Kami juga sangat berterima kasih dan bangga atas sambutan yang hangat dari Pemprov dan masyarakat Kalsel," katanya.

Selain itu, ia juga kagum dengan langkah kebijakan dari Gubernur, seperti kepedulian terhadap lingkungan melalui program revolusi hijau,

Program Paman Birin turun ke desa (Turdes) untuk menjemputi aspirasi masyarakat.

Bukan hanya itu, upaya pengembangan potensi wisata yang serta akan digelarnya trail adventure tingkat internasional, juga menjadi program yang layak mendapatkan apresiasi.
 
. (Antaranews Kalsel/Humpro kalsel)
Sebelumnya, Gubernur mengungkapkan, sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk hadir melayani masyarakat dan menyerap aspirasi masyarakat, baik secara langsung maupun melalui aplikasi dan layanan yang sudah disediakan.

"Kita tidak hanya menunggu laporan atau aspirasi dari masyarakat melalui layanan atau aplikasi yang disediakan, tetapi saya trun langsung ke desa-desa, terutama desa terpencil untuk melihat langsung kondisi masyarakat, serta mendengarkan secara langsung apa saja yang menjadi aspirasi ataupun keluhan dari mereka," katanya.

Gubernur juga memanfaatkan pertemuan ini untuk mengenalkan potensi yang dimiliki oleh Kalsel, terutama potensi pariwisata.

Aplikasi LAPOR! merupakan aplikasi penyampaian pengaduan dan penyampaian aspirasi masyarakat yang dilaksanakan secara online yang dijalankan secara sederhana, mudah, terpadu dan tuntas.

Provinsi Kalimantan Selatan, telah terhubung dengan sistem LAPOR! sejak akhir tahun 2017 yang kemudian dipromosikan dengan nama LAPOR PAMAN yang terintegrasi dengan SP4N mulai bulan Maret 2018 lalu.

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi atau keluhan pelayanan publik: ketik SMS dengan format LAPORPAMAN (spasi) isi aduan dan kirim ke 1708, atau melalui website www.lapor.go.id atau akses aplikasi LAPOR! Di Google Playstore.

Baca juga: Onno Purbo: OMS perlu teknologi inovatif lepaskan diri dari donor

Baca juga: USAID selenggarakan Forum OMS Indonesia untuk pembangunan kapasitas

 

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019