Personel pengamanan terdiri dari Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Kesatuan Bangsa, dan satuan petugas partai politik, serta ditambah anggota TNI yang siap 'on call' ketika dibutuhkan sewaktu-waktu
Lumajang (ANTARA) - Sebanyak 647 personel gabungan siap mengamankan kampanye terbuka yang dihadiri oleh calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno di Stadion Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis.

"Personel pengamanan terdiri dari Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Kesatuan Bangsa, dan satuan petugas partai politik, serta ditambah anggota TNI yang siap 'on call' ketika dibutuhkan sewaktu-waktu," kata Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban di Kabupaten Lumajang.

Secara rinci, jumlah personel Polri sebanyak 259 orang, kemudian TNI sebanyak 35 personel, Satpol PP sebanyak 45 personel, Dinas Perhubungan sebanyak 34 personel, Kesbang sebanyak 24 personel, Satgas Parpol sebanyak 150 personel, serta personel 'on call' TNI sebanyak 100 orang, sehingga total pengamanan gabungan sebanyak 647 personel.

"Kami sudah melakukan pengecekan ke sejumlah jalur hingga lokasi utama kampanye terbuka cawapres nomor urut 02 pada Rabu (3/4), sehingga semuanya diharapkan aman dan situasi tetap kondusif selama kegiatan kampanye terbuka di Stadion Semeru Lumajang," ujarnya.

Menurutnya personel pengamanan akan disebar di sejumlah titik jalur yang dilalui rombongan cawapres Sandiaga menuju ke Stadion Semeru, serta pengamanan terbuka dan tertutup juga sudah siaga di lokasi sejak pagi untuk memantau kondisi kampanye terbuka tersebut.

"Kami berharap peserta kampanye yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat yang berjalan iring-iringan dapat tertib berlalu lintas selama perjalanan menuju Stadion Semeru, agar tidak menganggu kenyamanan masyarakat dalam berkendara di jalan raya," tuturnya.

Sesuai jadwal yang diterima ANTARA di Lumajang, rombongan Sandiaga Uni tiba di Bandara Juanda Surabaya pada pukul 07.00 WIB dan kemudian melanjutkan perjalanan darat menuju Kabupaten Lumajang yang diprediksi tiba di Kota Pisang pada pukul 10.30 WIB.

Kemudian rombongan akan transit di posko Rumah Ganti Presiden (RGP) di jalan Ahmad Yani Lumajang yang disambut oleh puluhan habaib Lumajang dan pada pukul 11.00 WIB, rombongan melanjutkan perjalanan ke Stadion Semeru Lumajang yang diarak oleh ribuan pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sanidaga Uno.

Berdasarkan surat panitia kampanye yang diterima aparat kepolisian menyebutkan kampanye akbar dan rapat terbuka di Kabupaten Lumajang tersebut akan dihadiri sekitar 30.000 orang dengan juru kampanye cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno, anggota DPR RI Bambang Hariadi, dan juru kampanye lokal Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati.

Pemilu Presiden 2019 diikuti oleh dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yakni pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019