Lima penumpang speed boat ini telah ditemukan regu penyelamat dan telah dievakuasi ke pelabuhan Kota Tual
Ambon (ANTARA) - Kepala Kantor Basarnas Ambon, Provinsi Maluku, Muslimin mengatakan, lima penumpang speed boat yang dilaporkan hilang kontak di perairan laut Maluku Tenggara telah ditemukan dalam keadaan selamat.

"Lima penumpang speed boat ini telah ditemukan regu penyelamat dan telah dievakuasi ke pelabuhan Kota Tual sekitar pukul 17:36 WIT," kata Muslimin di Ambon, Rabu.

Kelima penumpang speed boat ini adalah Dede (40), Arman (25), Tete (62), Kendat (35) serta Kenababil (30).

Menurut dia, lima penumpang ini berangkat dengan sebuah speed boat dari Pulau Fador, Kabupaten Maluku Tenggara, menuju Kota Tual sejak Senin, (1/4) sekitar pukul 17:00 WIT.

Namun mereka hilang kontak dan pihak keluarga langsung melakukan upaya pencarian pada Selasa, (2/4) dari siang hingga sore hari tetapi tidak membuahkan hasil.

Kantor Basarnas Ambon kemudian menerima laporan dari Mommy, seorang pegawai Dinas Kesehatan Kota Tual sehingga regu penyelamat dikerahkan untuk melakukan pencarian.

Sedikitnya 12 orang yang tergabung dalam tim SAR gabungan  langsung dikerahkan ke lokasi pencarian menggunakan Kapal Negara (KN) SAR 242 Bharata dan melakukan pencarian di titik koordinat yang diduga berada pada posisi 5°59.904' S - 132°0.928' E.

"Dengan ditemukannya para penumpang tersebut maka operasi pencarian dinyataka ditutup," demikian  Muslimin.

Baca juga: Basarnas Ambon terima laporan penumpang "speed boat" hilang kontak

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019