Pohon cemara udang dimanfaatkan atasi abrasi Pesisir Selatan-Sumbar

Pohon cemara udang dimanfaatkan atasi abrasi Pesisir Selatan-Sumbar

Sejumlah pejabat dan masyarakat usai penanaman pohon cemara udang di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. (FOTO ANTARA/HO- SUMBAR/ Didi Someldi)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, memanfaatkan pohon cemara udang  (Casuarina equisetifolia) untuk mengatasi persoalan abrasi yang mengancam pemukiman masyarakat di pinggir pantai serta antisipasi bencana tsunami.

"Dampak abrasi pantai, angin kencang hingga tsunami bisa diminimalkan jika terdapat pepohonan yang tumbuh subur di sepanjang pantai," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten setempat, Muskamal di Pantai Sago, Pesisir Selatan, Sabtu.

Ia mengatakan itu usai mencanangkan penanaman sejuta pohon dalam upaya meminimalkan dampak bencana alam di pinggir pantai pada daerah setempat.

Kabupaten Pesisir Selatan memiliki garis pantai terpanjang di Sumatera Barat. Selama ini daerah itu belum melaksanakan upaya meminimalkan dampak bencana secara permanen.

"Pesisir Selatan memiliki garis pantai lebih kurang 218 kilo meter, situasi ini perlu diwaspadai dan pencanangan penanaman seribu pohon merupakan upaya meminimalkan bencana secara permanen," katanya.

Cemara udang, katanya, merupakan tanaman yang dipilih pada kegiatan itu karena selain cocok ditanam di pinggir pantai akarnya yang kuat dan daunnya yang rindang dimungkinkan dapat meminimalkan dampak abrasi pantai dan angin kencang.

Hanya saja, menurutnya, kegiatan itu tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya campur tangan dari masyarakat sekitar.

"Butuh waktu bertahun-tahun agar pohon cemara udang tumbuh besar dan dalam hal ini tentu butuh keikutsertaan masyarakat menjaganya," katanya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0311/Pesisir Selatan, Letkol (Kav) Edwin Dwiguspana mengatakan di sepanjang pantai di daerah setempat akan ditanam sebanyak 250.000 batang cemara udang.

"Hari ini merupakan penanaman cemara udang tingkat kabupaten dan berikutnya akan dilakukan tingkat kecamatan dan nagari," katanya.

Selain Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Pesisir Selatan, Muskamal dan Komandan Kodim 0311/Pesisir Selatan, Letkol (Kav) Edwin Dwiguspana pada kesempatan itu juga hadir pejabat daerah lainnya dan disaksikan oleh ratusan masyarakat.

Baca juga: BNPB apresiasi tanam cemara udang sepanjang pantai Sumbar
Pewarta : Miko Elfisha
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019