Peminjaman itu harus dilakukan karena di SMA PGRI tidak tersedia perangkat komputer yang memadai di sekolah mereka.
Jayapura (ANTARA) - SMA PGRI Waena Kota Jayapura, Provinsi Papua, akan meminjam fasilitas ruangan laboratorium komputer milik SMK Negeri 2 Kota Jayapura guna pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNKB) pada 1 April nanti, karena sekolah swasta itu tidak memilikinya.

Kepala SMK Negeri 2 Kota Jayapura Elia Waromi di Kota Jayapura, Sabtu mengatakan peminjaman itu harus dilakukan karena di SMA PGRI tidak tersedia perangkat komputer yang memadai di sekolah mereka.

"Pelaksanaan UNKB untuk tingkat SMA itu kan mulai pada 1, 2, 4 dan 8 April 2019. Kebetulan SMA PGRI akan menggunakan laboraturium SMK Negeri 2 Kota Jayapura, karena di sekolahnya tidak tersedia komputer," katanya.

Menurut dia, ada dua ruangan laboratorium komputer milik SMK Negeri 2 Kota Jayapura dengan total 120 unit komputer yang siap di pakai untuk UNBK nanti.

"Jadi, selama empat hari UNBK, dua ruangan laboratorium SMK Negeri 2 Kota Jayapura akan digunakan untuk UNBK oleh SMA PGRI," katanya.

Sementara UNKB untuk SMK, kata Elia, sudah diberlangsung pada 25 hingga 29 Maret 2019 dengan aman dan lancar.

"Namun sebelumnya kami gelar ujian sekolah berbasis nasional atau USBN pada 11 hingga 19 Marey 2019, yang diikuti oleh 354 siswa dari 5 program keahlian," katanya.

Pelaksanaan ujian UNBK, lanjut dia, dilaksanakan dalam tiga sesi dengan menggunakan 120 unit komputer yang diawasi oleh satu pengawas silang dan satu proktor.

"Untuk sesinya ada yang pukul 07.30 WIT - 10.00 WIT, lalu ada yang pukul 10.30 WIT - 13.00 WIT dan ada yang pukul 13.30 WIT - 16.00 WIT. UNBK berjalan aman dan lancar, dan harapannya siswa kami bisa mendapatkan hasil yang maksimal," katanya.

Baca juga: Petugas Telkom siaga saat UNBK SMA di Papua

Baca juga: 29.332 pelajar SMA/SMK di Papua siap laksanakan UNBK/UNKP

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019