Addie MS - Lea Simanjuntak bawa nuansa Broadway ke Java Jazz

Addie MS - Lea Simanjuntak bawa nuansa Broadway ke Java Jazz

Addie MS, penyanyi Lea Simanjuntak dan Bob James berbagi panggung di Java Jazz 2019, JI Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat. (ANTARA News/ Nanien Yuniar)

Jakarta (ANTARA) - Tema Broadway yang digadang-gadang oleh Java Jazz tahun ini betul-betul terasa saat komponis Addie MS, penyanyi Lea Simanjuntak dan Bob James berbagi panggung di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat.

Alunan musik orkestra berpadu suara merdu Lea menghidupkan lagu-lagu dari George Gershwin, komponis dan penulis lagu asal Amerika Serikat yang banyak menulis karya musik untuk teater Broadway.

Lea, yang mengenakan gaun kuning keemasan senada dengan warna rambutnya, menyanyikan “By Strauss”, “Boy What Love Has Done to Me”, “Guess Who I Saw Today” dan “I Loves You Porgy”, lagu sentimentil era 1935 yang diambil dari opera “Porgy and Bess”.

Musisi kawakan peraih Grammy, Bob James, ikut bergabung di panggung dalam dua lagu.

“Sungguh kehormatan bisa memainkan karya Gershwin bersama orkestra luar biasa ini,” ujar dia sembari menunjuk Twilite Orchestra.

Mengenakan batik biru dengan benang keemasan, musisi gaek itu duduk di bangku piano, tangannya bergerak lincah membawakan “Someone to Watch Over Me” yang dibuat Gershwin untuk musikal 1926 berjudul “Oh, Kay!”.

Musisi yang sudah tampil di Java Jazz beberapa kali itu kembali ke balik panggung usai memainkan lagu “They Cant Take That Away From Me”.

Di sela pertunjukan, Addie sempat memuji penampilan Lea yang membuatnya merasa “sedang tidak bekerja”.

“Aku menikmati suara Lea, saat kita konser dan yang nyanyi suaranya bagus, ekspresi dan penghayatannya bagus, enggak terasa kerja, tapi serasa dihibur,” ujar komponis bernama lengkap Addie Muljadi Sumaatmadja.

Lagu bernada riang “Just Another Rhumba” yang dibuat pada 1937 membuat sebagian penonton berdiri dan berjoget, sekaligus menutup penampilan malam itu.

Peter F Gontha, penggagas Java Jazz, ikut muncul di akhir pertunjukan, mengucapkan kalimat singkat penuh pujian.

“Ini adalah bukti negara kita maju, bukti manusia Indonesia maju.”
Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019