Bantu warga bersihkan lumpur banjir, BPBD Babel kerahkan TRC

Bantu warga bersihkan lumpur banjir, BPBD Babel kerahkan TRC

Banjir Pangkal Pinang Tim Gabungan mengevakuasi korban banjir di Kota Pangkalpinang, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (9/2). Banjir dengan ketinggian air mencapai dua hingga tiga meter tersebut merendam ribuan rumah warga dan pusat perbelanjaan, perbankan serta kantor instansi pemerintah kota. (ANTARA FOTO/Aprionis)

Pangkalpinang, 1/3 (ANTARA News) - Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membantu warga Desa Kayu Besi membersihkan lumpur dan sampah banjir di daerah itu.

"Pagi ini banjir di Desa Kayu Besi sudah kembali surut dan warga sudah kembali beraktivitas membersihkan rumahnya," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan banjir di Dusun 3 RT.05 Desa Kayu Besi Kabupaten Bangka terjadi pada Kamis (28/2) dini hari pukul 02.00 WIB dan mulai surut pada Jumat pagi.

Banjir di dusun tersebut mengakibatkan 115 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian mencapai satu meter lebih dan 428 jiwa dengan rincian 416 orang dewasa dan 12 balita mengungsi ke tenda pengungsian.

"Saat ini air masih menggenangi di halaman rumah, namun warga kembali sudah mulai melakukan aktivitas membersihkan rumahnya," ujarnya.

Menurut dia meski banjir sudah kembali surut, namun BPBD tetap mensiagakan tim reaksi cepat untuk membantu warga membersihkan sampah, lumpur material banjir dan juga mengantisipasi banjir susulan mengingat potensi hujan itensitas sedang hingga lebat masih cukup tinggi menggunyur daerah itu.

"Kami mengimbau warga untuk tetap waspada, karena potensi hujan lebat dalam dua hari ke depan cukup tinggi mengguyur daerah ini," katanya. 

Baca juga: BPBD evakuasi ratusan korban banjir di Desa Kayu Besi

Baca juga: 14 desa di Babel siaga banjir
Pewarta : Aprionis
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019