BPBD evakuasi ratusan korban banjir di Desa Kayu Besi

BPBD evakuasi ratusan korban banjir di Desa Kayu Besi

Tim Gabungan mengevakuasi korban banjir di Kota Pangkalpinang, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (9/2). Banjir serupa juga melanda Desa Kayu Besi, Kabupaten Bangka sehingga sejumlah warga dievakuasi. (ANTARA FOTO/Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengevakuasi ratusan korban banjir di Desa Kayu Besi, karena rumah mereka terendam banjir dengan ketinggian mencapai satu meter lebih.

"Saat ini tim gabungan masih melakukan evakuasi dan pertolongan kepada korban, karena banjir belum surut," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan banjir di Desa Kayu Besi Kabupaten Bangka terjadi pada Rabu (27/2) malam, karena curah hujan yang tinggi sehingga sungai tidak mampu menampung dan meluap ke pemukiman warga di daerah itu.

"Saat ini sebanyak 70 rumah warga, sekolah dan fasilitas umum lainnya masih terendam banjir dengan ketinggian satu meter lebih," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya telah mengerahkan tim, perahu karet dan bantuan makanan kepada korban banjir.

"Mudah-mudahan air cepat surut dan warga bisa kembali ke rumahnya masing-masing membersihkan lumpur, sampah terbawa banjir tersebut," ujarnya.

Ia berharap warga korban banjir bersabar dan tabah menghadapi bencana ini.

"Kami berharap warga tetap waspada dan berhati-hati, karena kondisi cuaca di daerah ini masih cukup ekstrem," katanya. 

Baca juga: Korban banjir Desa Rias, Bangka Selatan dievakuasi BPBD
Baca juga: 14 desa di Babel siaga banjir
Baca juga: Belitung Timur mendata infrastruktur rusak karena banjir
Pewarta : Aprionis
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019