Kalau biasanya bersama anak-anak SMA, kali ini bersama teman-teman difabel dan mereka senang sekali,
Semarang (ANTARA News) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak lima orang penyandang disabilitas untuk mengikuti Program Sehari Bersama Gubernur, Sabtu.

Berbeda dengan Program Sehari Bersama Gubernur yang biasanya diikuti oleh pelajar atau mahasiswa, kali ini Ganjar mengajak lima penyandang disabilitas yang tunadaksa, tunarungu, dan tunawicara itu untuk mengikuti kegiatan selama seharian penuh.

Kelima penyandang difabel dari Roemah Disabilitas Kota Semarang itu adalah Didik Sugiyanti, Wiyono, Fawas, Melati, dan Ariel.

Sejak Sabtu pagi, kelima penyandang disabilitas sudah menunggu di rumah dinas Ganjar dan kemudian berangkat bersama ke Kabupaten Boyolali dan Kota Surakarta pada pukul 11.00 WIB.

Kebetulan hari ini, Ganjar dijadwalkan mengikuti kegiatan Haul Gus Dur di Kota Surakarta dan mengikuti acara Mata Najwa On Stage di Kabupaten Boyolali.

Selama di perjalanan, kelima difabel yang berada satu mobil bersama Ganjar itu terlihat gembira dan bersenda gurau bersama.

Kesempatan itu juga digunakan mereka untuk menyampaikan aspirasi mewakili kawan-kawannya.

Keakraban antara Ganjar dan kelima difabel tersebut sangat terlihat, bahkan Ganjar selalu membantu mendorong dan mengangkat kursi roda yang dinaiki salah seorang difabel saat turun atau naik mobil.

Saat makan siang di Surakarta, Ganjar juga mengangkat kursi roda dari penyandang disabilitas karena rumah makan tersebut memiliki tangga cukup tinggi sehingga pemandangan yang langka tersebut mendapat perhatian banyak orang, khususnya mereka yang sedang asyik makan di dalam rumah makan tersebut.

Ganjar mengaku awalnya ia mengunggah kegiatannya di media sosial tentang acara Haul Ke-9 Gus Dur di Kota Surakarta dan Mata Najwa On Stage di Boyolali, saat itu ada banyak warganet yang berkomentar, salah satunya dari penyandang disabilitas.

"Mereka ingin ikut menyaksikan, langsung saja saya tawari ikut bareng saya. Ternyata mereka senang sekali dan begitu antusias," kata Ganjar.

Program Sehari Bersama Gubernur, lanjut Ganjar, memang mengajak semua masyarakat mengikuti kegiatannya selama sehari dan diharapkan masyarakat bisa mengetahui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh orang nomor satu di Jateng itu.

"Kalau biasanya bersama anak-anak SMA, kali ini bersama teman-teman difabel dan mereka senang sekali. Saya begitu senang dan tidak menduga karena hal kecil ini bisa membuat mereka begitu bahagia. Ternyata, bahagia itu tidak rumit," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Jateng cek pembangunan sekolah di Lombok
 

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2019