Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengeluarkan proyeksi potensi wilayah  terdampak banjir yang terjadi di Sulawesi Selatan (Sulsel) berbasis analisis citra satelit SPOT-6/7 dan Himawari-8.

“Ya itu potensi wilayah banjirnya. Untuk kondisi riil tentu kita harus verifikasi di lapangan,” kata Kepala Bidang Diseminasi Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh Lapan Priyatna di Jakarta, Jumat.

Lapan mengeluarkan respon tanggap darurat bencana berbasis data satelit SPOT-6/7 tahun 2016-2017 untuk wilayah Kota Makassar, yang dianalisis dengan data akumulasi curah hujan dari satelit Himawari-8 pada 21 Januari 2019, pukul 07.00 WIB, sampai dengan 23 Januari 2019, pukul 06.00 WIB, yang mayoritas menunjukkan mengalami intensitas hujan mencapai 25-50 millimeter (mm) per hari.
Citra satelit SPOT-6/7 untuk proyeksi potensi banjir di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (LAPAN)


Sedangkan respon tanggap darurat bencana banjir kedua dikeluarkan untuk wilayah Kabupaten Maros, Sulsel, berdasarkan analisis data dari satelit yang sama.

Namun untuk wilayah Maros dan Pangkajene Kepulauan, pada periode waktu yang sama, data satelit Hinawari-8 menunjukkan akumulasi curah hujan di sana mayoritas mencapai 10-25 mm per hari. Hanya sebagian di wilayah barat daya Maros berbatasan dengan Kota Makassar yang memiliki curah hujan 25-50 mm per hari.

Berdasarkan hasil analisis dari citra satelit tersebut maka terlihat potensi banjir begitu luas dan merata di wilayah Kabupaten Maros hingga ke Pangkajene Kepulauan, begitu pula Kota Makassar. Hasil analisis citra satelit tersebut juga memperlihatkan potensi banjir di wilayah Sulsel lainnya seperti Gowa dan Takalar.
Citra satelit SPOT-6/7 untuk proyeksi potensi banjir di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. (LAPAN)


Kedua analisis citra satelit untuk respon tanggap darurat bencana banjir di Kota Makassar dan Kabupaten Maros tersebut juga menggunakan peta batas administrasi Indonesia milik Badan Informasi Geospasial (BIG), indeks bahaya banjir tahun 2015 milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan DEM The Shuttle Radar Topography Mission milik The United States Geological Survey (USGS).

Baca juga: Kemensos salurkan Rp1,42 miliar bantuan tanggap darurat ke Sulsel

Baca juga: Pengungsi banjir bandang Gowa 3.389 jiwa


 

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019