Dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Selat Gelasa dan Selatan Bangka dapat mencapai 3,0 sampai 4,0 meter
Pangkalpinang (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini terkait dengan potensi gelombang maksimum mencapai empat meter yang dapat terjadi di perairan sebelah selatan Bangka pada Kamis (27/12).

"Gelombang maksimum setinggi itu harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang Omar Mukhtar di Pangkalpinang, Rabu.

Selain di perairan selatan Bangka, BMKG juga mengimbau agar masyarakat atau nelayan mewaspadai gelombang maksimum yang dapat mencapai 3,0 meter di perairan Selat Gelasa.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,75 meter, di bagian utara Bangka 0,25 sampai 1,0 meter, di Selat Karimata 0,5 sampai 1,25 meter, di Selat Gelasa 0,25 sampai 1,5 meter, sedangkan di bagian selatan Bangka dapat mencapai 0,5 sampai 2,0 meter.

"Dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Selat Gelasa dan Selatan Bangka dapat mencapai 3,0 sampai 4,0 meter," kata Omar.

BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar 7 hingga 39 kilometer per jam yang bergerak dari Barat Laut ke Timur Laut, dari Barat Daya ke Utara, dan dari Barat Daya ke Barat Laut.

Pada kesempatan itu BMKG mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut di beberapa pesisir pantai yang mencapai dua meter atau lebih.

Ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Sungailiat, Kabupaten Bangka, diprakirakan dapat mencapai 2,54 meter dan di Membalong, Kabupaten Belitung, sekitar 2,38 meter.

Kemudian di pesisir Pantai Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, sekitar 1,92 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat mencapai 1,84 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka mencapai 1,80 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung mencapai 1,69 meter, dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,63 meter.

"Oleh karena itu kami mengimbau warga ataupun wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Omar Mukhtar.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Kamis diprakirakan cerah, cerah berawan, berawan dan berawan tebal dengan peluang terjadi hujan lokal di beberapa wilayah terutama pada siang sampai sore dan dini hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 10 sampai 20 kilometer per jam dengan suhu 22 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 65 hingga 100 persen.

Baca juga: BMKG: Gelombang tinggi diperkirakan masih terjadi di sejumlah perairan

Baca juga: BMKG minta warga waspadai hoaks terkait bencana




 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2018