Kita bertemu disini untuk memperkuat komitmen agar ekonomi terbuka, multilateralisme dapat terus berjalan.”
Singapura (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menyatakan harapannya agar Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dapat memperkuat sinergi dengan organisasi kerja sama, salah satunya APEC.

"Saya berharap ASEAN akan dapat terus memperkuat sinergi dengan APEC, G-7 dan juga IMF,” ucap Presiden Jokowi," kata Presiden saat Jamuan Makan Siang Resmi ASEAN di Pusat Konvensi Suntec, Singapura pada Rabu.

Sejumlah kepala negara dan pemerintahan negara anggota ASEAN beserta mitra hadir dalam acara makan siang itu yakni Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Cile Sebastián Piñera, dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde. 

Menurut Jokowi, terdapat tiga kunci untuk menghadapi situasi global yakni dengan meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan.

Selain itu, bersikap adil dan bebas terkait penyelesaian Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) juga dinilai penting.

Hal ketiga yakni memperkuat kerja sama moneter dan fiskal, dan memperbaiki fundamental perekonomian domestik dengan memajukan prinsip good governance.

“Kita bertemu disini untuk memperkuat komitmen agar ekonomi terbuka, multilateralisme dapat terus berjalan,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden menjelaskan sistem perekonomian secara terbuka serta perdagangan dapat menghasilkan keuntungan bagi bersama.

Guna mencapai hal itu, mantan gubernur DKI Jakarta menegaskan perlunya memperkuat kerja sama dan sinergi antar negara.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018