Solo, Jateng  (ANTARA News )  -  Tuan rumah Jawa Tengah pesta gol dengan skor telak 14-0 ke gawang Banten pada pertandingan penyisihan sepak bola Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) III di Station Sriwedari Solo, Minggu.

Terdapat tujuh  pemain Jateng yang mencetak gol dan tiga diantaranya mencatat hatrik pada pertandingan itu,  yaitu Bagus Kahfi (34, 44, 54),  Saddam Emiruddin (68, 71, 76) dan Aditya Jorry (29, 74, 78).

Gol lainnya disumbangkan oleh Irfan Januar  (47, 82), kapten Alfandra Dewangga (72),  Kartika Vedhayanto (18)  dan Dzulqaida Rofid (89).

Dari tiga pertandingan yang telah dimainkan,  Jateng total sudah mencetak 22 gol tanpa kebobolan.

Pada dua pertandingan sebelumnya,  Jateng yang diperkuat empat pemain nasional U-16 masing - masing mengalahkan Kalsel 6-0 dan DI Yogyakarta 2-0.
    
Pada pertandingan terakhir untuk menentukan juara,  Senin,  Jateng akan berhadapan dengan Bali dan hasilnya sudah tidak berpengaruh bagi Jateng untuk lolos ke Popnas 2019 Papua.
   
Sejak awal kompetisi,  Jateng memang sudah diunggulkan,  tidak hanya menjuarai Popwil III,  tapi juga Pekan Olahraga Pelajar (Popnas) pada 2019 mendatang.
    
Popwil merupakan babak kualifikasi dan hanya juara serta runner - up masing-masing yang berhak tampil di pesta olahraga pelajar nasional itu.
    
Perkasanya penampilan tuan rumah Jateng tidak terlepas dari keberadaan empat pemain anggota tim nasional U-16,  yaitu si kembar Bagus Kahfi dan Bagas Kahfa,  Kartika Vedhayanto dan kiper Ernando Ari Sutaryadi.
   
Pada babak pertama,  Jateng sudah unggul 4-0 dan pada babak kedua,  mereka semakin meraja lela ketika Banten harus bermain dengan sembilan pemain menyusul dua kartu merah saat kedudukan 8-0.
    
"Saya memang sudah optimistis akan menang menghadapi Banten,  tapi tidak menyangka dengan skor sebeaar ini,"  kata pelatih Jateng,  Ashadi usai pertandingan.
    
Usai pertandingan,  si kembar Bagas dan Bagus,  dan pemain Jateng laimmya,  kembali menjadi rebutan para penonton remaja putri untuk berfoto bersama. 
    
Popwil II diikuti oleh enam propinsi,  yaitu Bengkulu,  DKI Jakarta,  Jabar,  Kalbar,  Lampung dan Sumsel,  sementara Popwil III diikuti tujuh daerah (Kalteng,  Kalsel,  Kaltara,  Banten,  DIY Yogyakarta, Jateng).
  
Terdapat  delapan cabang yang dipertandingkan,  yaitu bulu tangkis,  bola basket,  tenis meja,  tenis lapangan,  bola voli,  pencak silat,  sepak takraw dan sepak bola.


Baca juga: Sepak bola pelajar Jateng belum tertahankan di Popwil II Solo

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018