Ratusan polisi mengamankan pilkades serentak

Ratusan polisi mengamankan pilkades serentak

E-Voting Pilkades Pemilih menunjukan 'smart card e-voting' dalam pemilihan Kepala Desa di Babakan, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/3/2017). Pemilihan secara elektronik ini terdiri dari proses e-verifikasi, e-voting dan e-rekapitulasi dan diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparasi pemilihan sekaligus sebagai miniatur sistem Pilkada serentak. (ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Karawang (ANTARA News) - Polres Kabupaten Karawang menugaskan ratusan personel untuk pengamanan pemilihan kepala desa serentak di 67 desa sekitar Karawang yang digelar pada Minggu (11/11).

Kapolres AKBP Slamet Waloya di Karawang, Sabtu, menjelaskan telah melakukan pembagian zona termasuk untuk memetakan titik kerawanan selama pemilihan kepala desa (pilkades) serentak.

"Pemetaan titik rawan tentu sudah kami lakukan, dan data itu kami simpan untuk selanjutnya menjadi pedoman dalam melakukan pengamanan," katanya.

Dalam pengalaman Pilkades serentak di 67 desa yang berlokasi di 25 kecamatan sekitar Karawang itu, Kepolisian membagi dua tim.

Tim pertama akan berjaga di sekitar tempat pemungutan suara (TPS) Pilkades dan tim kedua melakukan pengamanan secara mobile.

"Untuk tim yang mobile ini tempatnya situasional, tergantung dengan tingkat kerawanan dan kondisi di lapangan," kata dia.

Kapolres mengaku menurunkan 2/3 anggotanya untuk melakukan pengamanan Pilkades serentak tersebut, dibantu dari unsur TNI, Satpol PP dan Linmas. 
Baca juga: Menristek meninjau pilkades secara elektronik di Pemalang
Baca juga: Kepolisian mengawal pilkades di Mukomuko
Baca juga: Polres Bekasi petakan daerah rawan konflik pilkades
Pewarta : M.Ali Khumaini
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2018