Sangat mengkhawatirkan situasi hingga Rabu malam ini. Air sungai mulai meluap sampai ke jalan dan merendam rumah warga, terutama di Kampung Baru Ranah Batahan.
Simpang Empat, Sumbar, (ANTARA News) - Arus transportasi dari Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menuju Sumatera Utara terputus akibat banjir mengenangi jalan Kampung Baru Ranah Batahan, Rabu malam.

"Benar, air Sungai Batahan Kecamatan Ranah Batahan meluap dan menutupi jalan tepatnya di Kampung Baru. Akibatnya arus transportasi terputus total menuju Madina Sumut," kata Camat Ranah Batahan, Syahwirman, di Simpang Empat, Rabu malam.

Dia mengatakan akibat curah hujan yang tinggi sejak Rabu sore, air Sungai Batahan meluap sampai jalan dan merendam rumah warga setinggi 50 centimeter.

"Jalan tidak bisa dilalui kendaraan karena air cukup deras di jalanan. Akibatnya terjadi antrean kendaraan," katanya.

Ia menyebutkan meluapnya Sungai Batahan mengakibatkan empat kejorongan atau dusun terendam banjir, yakni Kejorongan Lubuk Gobing, Kejorongan Simpang Tolang Baru, Kejorongan Air Napal, dan Kejorongan Kampung Baru.

"Puluhan rumah terendam banjir dan sejumlah warga mengungsi ke tempat yang aman," katanya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat Tri Wahluyo mengatakan sejumlah sungai besar di daerah itu meluap akibat tingginya curah hujan sejak Rabu sore.

Sejumlah sungai yang airnya meluap, adalah Sungai Limpato, Sungai Batang Nango Kajai Kecamatan Talamau, Sungai Batahan Ranah Batahan, Sungai Bayang Kecamatan Lembah Melintang, Sungai Sikabau, Sungai Batang Saman dan Sungai Batang Lapu Parit Koto Balingka.

"Sangat mengkhawatirkan situasi hingga Rabu malam ini. Air sungai mulai meluap sampai ke jalan dan merendam rumah warga, terutama di Kampung Baru Ranah Batahan," katanya. 

Pihaknya bersama instansi terkait lainnya sudah turun ke lapangan untuk memberikan bantuan kepada warga dan mengingatkan agar waspada banjir seperti beberapa waktu lalu.

"Kita masih memantau dan anggota sudah turun ke lapangan. Sementara hujan belum reda," katanya.

Ia mengajak warga meningkatkan kewaspadaan terkait dengan banjir dan longsor. Jika, hujan tidak reda dalam beberapa jam ke depan dikhawatirkan banjir akan terjadi.*


Baca juga: BNPB: Banjir di Padang telah surut

Baca juga: Tanggap darurat banjir Padang tujuh hari


 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018