Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menyiapkan program latihan khusus bagi tim junior Indonesia yang akan berlaga di BWF World Junior Championship 2018 di Kanada. 

Pelatih fisik PBSI Yansen Alpine mengatakan cuaca dingin di Kanada saat ini menjadi menjadi kendala non teknis yang harus dihadapi oleh para atlet muda. Maka dari itu, pihaknya menyiapkan program latihan khusus untuk mengatasi kendala tersebut. 

"Cuaca di Kanada dingin, hampir menyentuh nol derajat celcius. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi para atlet, namun kami sudah siapkan program khusus untuk itu," kata Yansen dalam siaran pers yang diterima Antara, Senin. 

Menurut dia, program khusus berupa sejumlah aktivitas fisik bagi para atlet yang akan bertanding dalam kejuaraan tersebut telah disiapkan, diantaranya pemanasan bersama sebelum latihan. 

Lebih lanjut, dia menuturkan para atlet diperbanyak stretching dan jogging untuk pengkondisian, mengingat kakinya pasti pegal setelah menempuh penerbangan yang lama dari Indonesia ke Kanada. 

"Yang penting, harus banyak gerak, apalagi di sini (Kanada) dingin. Makanya sebelum latihan, mereka (para atlet) harus benar-benar panas," tutur Yansen. 

Dia mengungkapkan pemanasan bersama telah dilakukan sejak hari pertama tiba di Kanada. Pihaknya pun terus menjaga kondisi seluruh atlet agar mampu menyesuaikan diri dengan cuaca dingin di Kanada. 

BWF World Junior Championship 2018 berlangsung mulai 5 hingga 18 November 2018 di Markham Pan Am Venue, Ontario, Kanada. Tim Junior Indonesia yang terdiri dari 23 atlet telah bertolak menuju Kanada sejak Rabu (31/10) lalu. 

BWF World Junior Championships 2018 akan mempertandingkan dua nomor, yaitu beregu dan perorangan. Pertandingan beregu campuran berlangsung pada 5 hingga 10 November 2018, sedangkan pertandingan perorangan berlangsung mulai 12 hingga 18 November 2018. 

Pada hari pertama, 5 November 2018, terdapat dua jadwal pertandingan yang akan dijalani oleh Tim Junior Indonesia, yaitu menghadapi Austria pada pukul 12.00 siang waktu Kanada dan juga menghadapi Macau pada pukul 19.00 malam waktu Kanada. 

Baca juga: PBSI Targetkan Satu Gelar di BWF World Junior Championship

Baca juga: PBSI: Tim junior Indonesia beradaptasi dengan baik di Kanada


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018