Manado (ANTARA News) - Pelaksanaan Cipta Kondisi sekaligus razia kendaraan dilakukan tim gabungan Polres Kepulauan Talaud dengan POM TNI, menjaring 17 pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

"Sasaran dari kegiatan ini adalah surat-surat dan kelengkapan kendaraan bermotor," kata Kasat Lantas Polres Talaud Iptu Rusmanadji Gorontalo Putra, di Talaud, Sulawesi Utara, Minggu.

Ia mengatakan pada razia tersebut, petugas juga ikut melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan para pengendara.

"Ini untuk mengantisipasi adanya barang-barang berbahaya, seperti senjata tajam, narkoba, minuman keras beralkohol dan lain-lain," katanya.

Pada razia tersebut, petugas berhasil menjaring 17 pengendara sepeda motor yang melanggar peraturan.

Pelanggaan tersebut seperti, tidak membawa atau memiliki SIM, STNK dan tidak memakai helm serta pengendara masih dibawah umur.

Para pelanggar dikenai sanksi tilang dan barang bukti lalu diamankan di Mapolres.

"Razia ini digelar dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra 2018, selain itu juga guna menekan angka pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas dan mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan," katanya.

Selain Polres, Polsek jajaran juga melaksanakan Cipta Kondisi di sejumlah tempat diantaranya pelabuhan, pusat kota dan objek vital serta tempat keramaian masyarakat.

"Sejauh ini pelaksanaan cipta kondisi di kewilayahan masih dalam keadaan kondusif serta belum ditemukan adanya gangguan Kamtibmas maupun barang berbahaya," kata Kabag Operasi Polres Talaud, Kompol Dikson Malensang.

Baca juga: Operasi Zebra Polresta Pekanbaru tilang 2.605 pelanggar
Baca juga: 8.207 pelanggar terjaring hari pertama Operasi Zebra
Baca juga: 130 pengendara Jambi kena tilang Operasi Zebra

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018