Kepolisian mengawal pilkades di Mukomuko

Kepolisian mengawal pilkades di Mukomuko

E-Voting Pilkades Pemilih menunjukan 'smart card e-voting' dalam pemilihan Kepala Desa di Babakan, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/3/2017). Pemilihan secara elektronik ini terdiri dari proses e-verifikasi, e-voting dan e-rekapitulasi dan diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparasi pemilihan sekaligus sebagai miniatur sistem Pilkada serentak. (ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Mukomuko (ANTARA News) - Kepolisian Resor Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengerahkan sedikitnya 100 anggota untuk mengamankan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 38 desa di daerah itu.

"Kita turunkan semua anggota untuk mengamankan pilkades, tetapi anggota yang utama mengamankan sebanyak 100 orang," kata Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko AKBP Yayat Ruhiyat di Mukomuko, Jumat. 

Sedikitnya 340 anggota tersebar di sembilan Polsek dan Polres di daerah itu. 

Ia menyatakan, pengamanan pilkades serentak di 38 desa di daerah itu tidak hanya dilakukan oleh anggota di Polsek yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu, tetapi juga melibatkan sebagian anggota di Polres setempat. 

"Kami libatkan anggota Polres untuk melakukan pengamanan Pilkades serentak di daerah ini," ujarnya. 

Kepolisian setempat melakukan pengamanan menjelang dan setelah Pilkades serentak di 38 desa di daerah itu. 

Ia berharap kepada semua pihak di daerah itu untuk menciptakan keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan pilkades serentak di 38 desa di daerah itu ????

Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto sebelumnya menyatakan sebanyak 38 desa di daerah itu menggelar pelaksanaan pemungutan suara pemilihan kepala desa (Pilkades) pada 12 September 2018. 

Sedangkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) untuk pilkades serentak ini sebanyak jumlah desa yang menggelar pilkades serentak, yakni sebanyak 38 TPS, atau satu TPS per desa. 

Kemudian jumlah peserta pilkades serentak di 38 desa di darah itu, katanya, berdasarkan keputusan bupati setempat sebanyak 106 orang peserta.

Baca juga: Mukomuko mencetak surat suara untuk pilkades
Baca juga: Polres Bekasi petakan daerah rawan konflik pilkades
Baca juga: Ogan Komerintg Ulu wacanakan pilkades sistem elektronik voting
Pewarta : Ferri Aryanto
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2018