Bandarlampung (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini tentang kondisi cuaca buruk berupa hujan lebat disertai kilat/petir yang diperkirakan akan terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Lampung Selasa hingga Rabu (29/8) pagi.

Menurut BMKG, seperti disampaikan dalam rilis Tim Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung, di Branti, Selasa, kewaspadaan potensi hujan lebat disertai kilat/petir itu diperkirakan terjadi di Kabupaten Way Kanan, Tanggamus, dan Pesisir Barat pada sore hari.

BMKG menyatakan pula, apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diperbaharui dan diinformasikan melalui Whatsapp Group (0816404333) dan media sosial Facebook (Infocuaca BMKG Lampung) atau bisa diakses langsung via website http://www.stametlampung.com.

Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku 28 Agustus pukul 07.00 WIB sampai dengan 29 Agustus 2018 pukul 07.00 WIB, menyebutkan angin secara umum bertiup dari arah timur hingga selatan dengan kecepatan antara 3-15 knots (5-28 km/jam). Jarak pandang berkisar antara 5-10 km.

Suhu udara secara umum berkisar antara 23-33 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 17-29 derajat Celsius.

Kelembapan udara secara umum berkisar antara 55-92 persen, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 63-97 persen.

Secara umum wilayah Lampung pagi hari diprakirakan berpotensi hujan di Kabupaten Lampung Timur, Tanggamus, Pesisir Barat, Mesuji, dan Tulangbawang.

Siang hari diprakirakan berpotensi hujan di Kabupaten Pesisir Barat, Tanggamus, Lampung Barat, Lampung Tengah, Tulangbawang Barat, Lampung Utara, dan Way Kanan.

Malam hari diprakirakan berpotensi hujan di Kabupaten Mesuji, Way Kanan, Lampung Barat, dan Pesisir Barat.

Dini hari diprakirakan berpotensi hujan di Kabupaten Lampung Timur.

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018