Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo melantik Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi menteri sosial menggantikan Idrus Marham, yang mengundurkan diri karena ingin fokus mengikuti proses hukum terkait kasus korupsi dalam proyek pembangunan PLTU Riau-1.

Pelantikan politikus Partai Golkar itu menjadi menteri sosial dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 148 Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial dalam Sisa Masa Jabatan Tahun 2014-2019.

Surat Keputusan Presiden yang mulai berlaku sejak ditetapkan oleh Presiden pada 24 Agustus 2018 itu mencakup pemberhentian Idrus sebagai menteri sosial Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan 2014-2019 serta pengangkatan Agus Gumiwang sebagai menteri sosial Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan periode 2014-2019.

Pelantikan Agus Gumiwang antara lain dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua DPD Osman Sapta Odang, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.
 
Didampingi orangtuanya, Menteri Pertambangan dan Energi serta Kepala Bappenas era Presiden Soeharto Ginandjar Kartasasmita dan istrinya, Agus Gumiwang menerima ucapan selamat dari Presiden beserta undangan lain usai pelantikan.

 

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018