Helikopter dikerahkan cari korban KM Kairos

Helikopter dikerahkan cari korban KM Kairos

ilustrasi perahu tenggelam (AntaraNews/Diasty Surjanto)

 Ternate  (ANTARA News) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut), pada hari keempat mengerahkan sebuah helikopter milik PT NHM untuk melakukan pencarian KM Kairos berpenumpang 18 orang yang hilang sejak Minggu (12/8).

"Untuk mempermudah pencarian korban KM Kairos hilang kontak saat melakukan pelayaran dari Kota Bitung ke Pulau Batang Dua, saat ini satu helikopter telah dikerahkan ke sekitar Pulau Batang Dua," kata Kasubbag Humas Kakansar Kelas B Ternate, Iksan M Nur kepada Antara di Ternate, Kamis.

 Menurut dia, tiga personelnya telah berangkat menggunakan helikopter dari Ternate untuk mencari keberadaan KM Kairos di sekitar perairan Kota Bitung hingga ke Pulau Batang Dua dan tak tertutup kemungkinan hingga ke sekitar Pulau Halmahera.

 Tim SAR gabungan sejak Kamis pagi telah melakukan pencarian terhadap KM Kairos, terutama di perairan Batang Dua.

Sebelumnya, berdasarkan informasi yang diperoleh dari pihak keluarga, kapal yang memuat 18 penumpang itu kandas di pulau antara Bitung dan Batang Dua.

Kapal  ini bertolak dari Bitung menuju Pulau Batang Dua, sejak Minggu (12/8) sekitar pukul 02.00 Wita tanpa sepengetahuan petugas Dermaga Ruko, Bitung.

 Seharusnya, sesuai jadwal KM Kairos telah tiba di Pulau Batang Dua pada Minggu pukul 14.00 Wit, namun hingga Senin (13/8) sore kapal tersebut belum tiba dan kehilangan kontak.

 "Kapal yang bermuatan bahan pokok masyarakat  itu memiliki waktu tempuh sekitar 11 jam, namun sampai saat ini belum tiba di tempat tujuan," ujarnya.

 Dia mengatakan, tim Basarnas mendapatkan informasi mengenai hilangnya kapal itu dari Ketua GPM Ternate, Simon Suyanto.

 Kapal berukuran sekitar 10 meter dengan kapasitas 10 GT dengan warna lambung kuning muda hingga kini masih dicari oleh tim Basarnas gabungan.

 Sementara itu, 18 penumpang yang hilang bersama KM Karios adalah Yuniawan Salu (Nahkoda 43 tahun), Yuswan Salu, Nus Nora (ABK), Abraham Salu (33 tahun), Darwan Pugutu (56 tahun), Shela Pugutu (24 tahun), Lany Guyen (23 tahun), Dewi Pugutu (23 tahun), Regina Katty (13 tahun).

Selanjutnya, Tony Lupa (58 tahun), La Ode (32 tahun), Yohanes Pugutu (27 tahun), Rini Noho (30 tahun), Rebeka Kole (52 tahun), Susan Manahampi (36 tahun), Ani Pugutu (45 tahun), Jeklin Pugutu (22 tahun), Ririn Guyen (19 tahun).

 
Baca juga: Tim SAR cari kapal hilang di perairan Ternate
Baca juga: Basarnas akan beli kapal laut dan 2 helikopter


 
Pewarta : Abdul Fatah
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018