Kemenperin pilih promosi IKM di Palembang dibanding Jakarta

Kemenperin pilih promosi IKM di Palembang dibanding Jakarta

Ilustrasi: IKM fesyen saat dikunjungi Ibu Yanti Airlangga Hartarto dan Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Gati Wibawaningsih pada suatu pameran mode di Jakarta (kemenperin.go.id)

Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 26 Industri Kecil Menengah (IKM) yang bergerak di bidang mode serta makanan dan minuman akan tampil meramaikan perhelatan akbar Asian Games 2018 di Palembang pada 18 Agustus - 2 September 2018.

"Ada 20 gerai IKM fesyen dan enam IKM kopi. Itu semua tampil dari awal sampai akhir acara. Ini ajang yang sangat baik untuk promosi," kata Direktur Jenderal IKM Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih dihubungi di Jakarta, Rabu.

Menurut Gati, pemilihan lokasi untuk memamerkan hasil karya IKM di Palembang adalah karena atlet yang ada di Jakarta akan berkesempatan langsung melihat produk-produk IKM yang ada di berbagai pusat perbelanjaan.

"Mereka akan diajak melihat-lihat mall yang ada di Jakarta. Jadi kami pilih Palembang saja," ungkap Gati.

Gati meyakini ajang tersebut membuka banyak peluang bisnis bagi pelaku IKM, misal dari yang paling sederhana yakni menawarkan produk khas Jakarta dan Palembang berupa kerajinan maupun kuliner bagi para wisatawan yang datang.

Pasalnya, selain diramaikan oleh keterlibatan sekitar10.000 atlet dan official tim, 5.000 awak media, 2.500 OCA Family, 5.500 delegasi teknik dan 20.000 relawan, ajang itu juga berpotensi mendatangkan sedikitnya tiga juta wisatawan lokal.

Baca juga: IKM diajak manfaatkan Asian Games, berpromosi dan perluas peluang ekspor

 
Pewarta : Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2018