London (ANTARA News) - KBRI London mengadakan kegiatan olahraga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-73 Republik Indonesia dengan tema "Kerja Kita, Prestasi Bangsa", bertempat di Queens Park Community School, London pada akhir pekan.

Kegiatan olahraga dibuka secara resmi oleh Dubes RI untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia Dr Rizal Sukma yang dalam sambutan menyatakan bahwa kegiatan itu memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia yang tinggal di Inggris dan Irlandia untuk bersama-sama memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI, demikian Minister Counselor KBRI London Thomas Siregar kepada Antara London, Selasa.

Dubes Rizal Sukma mengatakan kegiatan olahraga di samping menjadikan fisik dan mental sehat, juga hal baik untuk menumbuhkembangkan sportivitas, sebagai sikap mental yang penting dalam upaya membangun masyarakat menjadi maju dan sejahtera.

Pembukaan kegiatan ditandai dengan pemukulan bola tenis meja oleh Dubes Rizal Sukma yang diterima Minister Counsellor Pensosbud Thomas Siregar.

KBRI London menggelar tujuh cabang olahraga, di antaranya tenis meja, badminton, bola voli, basket, futsal, catur, gaple, serta lomba karaoke dan permainan anak-anak.

Di sela-sela pertandingan, pemain maupun penonton dapat menikmati sajian kuliner Indonesia di antaranya mi bakso, bakso tahu dan "siomay", nasi campur dan urap, es cendol serta berbagai jajanan pasar lainnya.

Kegiatan olahraga dan permainan anak-anak itu mendapat sambutan dari masyarakat Indonesia, baik kalangan pelajar, mahasiswa, maupun mereka yang sudah tinggal beberapa lama di London dan kota sekitarnya.

Makin siang banyak masyarakat Indonesia berdatangan. Tidak kurang dari 800 orang berpartisipasi maupun menyaksikan pertandingan serta permainan tersebut.

Cabang olahraga yang cukup banyak mendapat perhatian penonton, yakni badminton dan bola voli karena memang cabang olahraga yang populer dan banyak digelar saat perayaan HUT RI di Tanah Air.

Tim bola voli KBRI London yang dipimpin Atase Pertahanan Kolonel Rui Duarte memasuki babak final berhadapan dengan tim bola voli Wilesden beranggota masyarakat, menyuguhkan permainan menarik diselingi teriakan para pendukung dari kedua pihak.

Panitia juga menyelenggarakan lomba karaoke diikuti masyarakat dari berbagai lapisan usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Khusus untuk anak-anak, disediakan beragam lomba dan permainan yang menuntut ketangkasan, kecepatan, dan ketelitian.

Setelah seluruh cabang olahraga dan permainan anak, panitia memutark siaran langsung pertandingan final Piala Dunia antara Prancis melawan Kroasia melalui layar lebar. Suara riuh rendah yang awalnya di ruang pertandingan olahraga berpindah ke ruangan nonton bareng.

KBRI London mengapresiasi antusiasme masyarakat Indonesia yang hadir dan berpartisipasi pada kegiatan olahraga dalam rangka memperingati HUT Ke-73 RI itu.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018