Bangkalan (ANTARA News) - Sedikitnya 64 desa di 11 kecamatan di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, rawan kekeringan, bahkan kekurangan air bersih pada kemarau kali ini.

"Dari sebanyak 64 desa yang terdata rawan kekeringan dan kekurangan air bersih ini, sebanyak 25 desa di antaranya mengalami kekeringan kritis, sehingga harus mendapatkan perhatian serius Pemkab Bangkalan," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rizal Morris di Bangkalan, Minggu.

Ia menjelaskan, data desa rawan kekeringan dan kekurangan air bersih saat kemarau itu, berdasarkan data pada tahun sebelumnya.

"Jadi, setiap kemarau, sudah bisa dipastikan desa-desa ini yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih," ujarnya menjelaskan.

Menurut Rizal, berdasarkan hasil prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), di Kabupaten Bangkalan termasuk di wilayah Jawa Timur, akan terjadi hari tanpa hujan yang akan berlangsung dalam beberapa pekan kedepan.

Olah karena itu, sambung dia, pihaknya perlu berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mempersiapkan bantuan ke desa-desa yang biasa dilanda kekeringan dan kekurangan air bersih.

Ia merinci, ke-25 desa dari 11 kecamatan yang kini mulai dilanda kekeringan dan kekurangan air bersih itu yakni Kecamatan Kokop, Konang, Geger, Tanjung Bumi, Sepuluh, Kelampis, Arosbaya, Tragah, Tanah Merah, Galis dan Kecamatan Kwanyar.

Berdasarkan prakiraan dari BMKG, 60 hari kedepan untuk di kabupaten Bangkalan dinyatakan hari tanpa hujan.

Untuk mengatasi hal itu, Rizal mengaku, sudah mengirim surat edaran kepada para camat agar dapat mengkondisikan para kepala desa dan tokoh masyarakat untuk segera melaporkan jika butuh penanganan cepat di desa yang terjadi kekeringan seperti bantuan pendistribusian air bersih.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat pada musim kemarau agar tidak melakukan pembakaran sampah dan pembersihan lahan dengan cara di bakar dan langsung di tinggal karena berpotensi terjadi dampak yang lebih luas," ujarnya.

Kepala BPBD Pemkab Bangkalan lebih lanjut menjelaskan, ada dua kategori kekeringan di Bangkalan, yakni kritis dan langka.

Kekeringan kritis itu, antara lain pemenuhan air di dusun itu mencapai 10 liter lebih per orang per hari. Hanya itu untuk kebutuhan air minum dan memasak dengan jarak yang ditempuh masyarakat untuk mendapatkan ketersediaan air sejauh tiga kilometer lebih.

Sementara itu, untuk kategori kekeringan langka, kebutuhan air di dusun itu di bawah 10 liter saja per orang per hari, dengan jarak yang ditempuh dari rumah warga ke sumber mata air terdekat sejauh setengah hingga tiga kilometer.

"Saat ini kami telah membentuk posko di kantor BPBD Pemkab Bangkalan ini untuk mengatasi masalah kekeringan dan kekurangan air bersih, serta berbagai persoalan yang biasa terjadi selama kemarau," katanya, menjelaskan.
 

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018