Garut (ANTARA News) - Kepolisian Resor Garut memberikan penghargaan kepada dua penjaga perlintasan kereta api tanpa palang pintu di wilayah Kadungora dan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Dalam rangka Hari Bhayangkara ini kami memberikan penghargaan kepada masyarakat yakni dua penjaga pintu perlintasan kereta yang telah membantu tugas Polri," kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna saat perayaan Hari Ulang Tahun ke-72 Bhayangkara di Markas Polres Garut, Rabu.

Ia menuturkan, dua warga yang mendapat penghargaan itu biasa aktif membantu masyarakat di perlintasan kereta api wilayah Cijapati dan Leles.

Dua orang itu, kata dia, memiliki jasa yang terkadang tidak mendapatkan perhatian, padahal tindakannya telah memberikan rasa aman bagi masyarakat yang melewati rel kereta api.

"Jasa masyarakat terkadang tidak terpikirkan, seperti palang kereta api di Kadungora, padahal itu kepedulian masyarakat dalam memberikan rasa aman," katanya.

Ia menambahkan, peringatan Hari Bhayangkara itu tidak hanya memberikan penghargaan kepada dua petugas palang pintu, tetapi masyarakat lainnya yang memiliki prestasi dan peran dalam membantu institusi Polri.

Selain masyarakat, kata dia, ada enam anggota Polres Garut yang mendapatkan penghargaan dalam melaksanakan tugasnya sebagai anggota Polri.

"Semuanya ada enam anggota yang mendapatkan penghargaan, mereka telah memberikan dedikasi kinerja di luar tugas rutinnya," kata Budi.

Ia menyebutkan, anggota Polri yang mendapatkan penghargaan itu terkait pengamanan pemilihan kepala daerah (pilkada), kemudian anggota yang sering melakukan gerakan sosial membantu orang yang membutuhkan.

Selanjutnya, kata dia, anggota yang berhasil membantu penangkapan pelaku tindak pidana kejahatan di wilayah hukum Polsek Malangbong.

"Seperti kejadian di Malangbong yang membantu penangkapan Jatanras, untuk itu pimpinan mengapresiasi mereka," katanya.

Ia mengatakan, anggota yang mendapat penghargaan itu diberi piagam, kemudian jika ada kesempatan dapat menaiki karir yang lebih bagus serta mendapatkan kesejahteraan.

Ia mengingatkan bahwa penghargaan bagi anggota tersebut bukan akhir dalam melaksanakan tugas, tapi menjadi motivasi diri dan anggota lainnya agar lebih maksimal dalam melaksanakan tugas Polri.

"Ini bukan berarti akhir tapi harus jadi motivasi kinerja anggota agar lebih semangat," katanya.

Seorang anggota polisi lalu lintas Polsek Malangbong, Brigadir Dani Nuroni menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kepolisian Resor Garut yang telah memberikan penghargaan buat anggotanya.

Ia mengungkapkan, sebagai anggota Polri sudah menjadi kewajiban untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan rasa aman bagi masyarakat sehingga dapat dengan nyaman melakukan berbagai aktivitas.

"Terima kasih buat Bapak Kapolres, terima kasih juga buat masyarakat yang telah membantu Polri di lapangan dalam menjaga keamanan," kata Dani.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018