Jakarta (ANTARA News) - Suasana hati seseorang salah satunya dipengaruhi oleh serotonin--zat kimia di otak yang dapat memengaruhi suasana hati.

Mengonsumsi makanan mengandung asam amino esensial yang dikenal sebagai tryptophan dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak serotonin.

Berikut ada delapan makanan yang membantu meningkatkan serotonin secara alami seperti dilansir Medical News Today.

1. Salmon

Ikan berminyak ini juga merupakan sumber asam lemak omega-3, yang penting bagi kesehatan. Asam lemak dapat membantu mendukung tulang yang kuat, kulit yang sehat, dan fungsi mata.

Salmon juga merupakan sumber vitamin D, yang penting untuk tulang dan gigi yang kuat, dan otot yang sehat. Konsumsi dua porsi salmon per minggu bisa memberikan tryptophan yang cukup bagi kebanyakan orang.

Bagi mereka yang vegetarian, omega-3 bisa didapatkan dari biji labu, walnut, dan kedelai.

2. Daging unggas

Unggas termasuk ayam, kalkun, dan angsa. Lean unggas, seperti dada ayam, biasanya tinggi protein dan rendah lemak.

3 telur

Beberapa cara memasak dan menyiapkan telur lebih menyehatkan daripada yang lain. Menggoreng telur lalu menambah banyak lemak, membuatnya menjadi pilihan yang kurang sehat. Namun, merebus telur tanpa menambah lemak tambahan, membuat telur dadar dan memakannya dengan salad bisa menjadi pilihan yang baik.

4. Bayam

Sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam, adalah sumber tryptophan. Bayam juga merupakan sumber zat besi yang bagus. Zat besi membantu tubuh membuat sel darah merah yang sehat. Kurangnya zat besi dalam diet dapat menyebabkan anemia, energi rendah, atau kesulitan bernapas.

5. Biji-bijian

Biji tidak mengandung banyak tryptophan seperti halnya pada ikan, daging unggas, atau telur. Namun, makanan ini sumber tryptophan dan protein yang baik untuk vegetarian.

Ada sejumlah cara mudah agar kita bisa mengonsumsi lebih banyak biji misalnya menaburkan biji-bijian ke dalam salad, menambahkan kacang sebagai cemilan, atau menambahkan biji ke sereal, bubur, atau yogurt

6. Susu
Susu juga merupakan sumber kalsium yang baik, yang membantu membangun tulang dan gigi yang sehat.

7. Produk kedelai
Produk yang mengandung kedelai, seperti tahu, susu kedelai, atau kecap, adalah sumber tryptophan dan ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk vegetarian.

8. Kacang

Kacang-kacangan merupakan sumber protein, lemak sehat dan serat. Mengemil sedikit kacang-kacangan antara jadwal makan bisa membantu kita sedikit merasa lebih kenyang.

 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018