Hati-hati, jangan sampai tidak kuat menanjak, AC-nya dimatikan dulu."
Semarang (ANTARA News) - Calon petahana Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut membantu aparat kepolisian dalam mengatur kendaraan pemudik yang melintas di tanjakan Kali Kenteng, ruas jalan tol Salatiga-Kartasura, yang dioperasikan secara fungsional pada arus mudik Lebaran 2018.

Saat tiba di tanjakan yang sempat menjadi viral di berbagai media sosial dalam perjalanannya ke Kabupaten Sukoharjo, Rabu petang, Cagub Jateng bernomor urut 1 itu langsung turun dari mobil untuk membantu jajaran Polres Semarang.

Menyaksikan antrean kendaraan pemudik yang cukup panjang saat hendak melewati Tanjakan Kali Kenteng, Ganjar ikut memberi peringatan pada para pemudik agar berhati-hati.

"Hati-hati, jangan sampai tidak kuat menanjak, AC-nya dimatikan dulu," kata Ganjar, dalam Bahasa Jawa, tiap kali ada mobil pemudik yang melintas.

Ratusan personel Polres Semarang berjaga di sekitar Jembatan Kali Kenteng untuk memandu mobil-mobil pemudik menggunakan pengeras suara, saat melintas turunan dan tanjakan.

Cagub yang berpasangan dengan Cawagub Taj Yasin Maimoen itu mengapresiasi kinerja kepolisian dalam mengatur lalu lintas kendaraan pemudik yang melintasi tol fungsional.

Kehadiran polisi, menurut dia, menciptakan rasa aman dan nyaman tersendiri bagi para pemudik.

Sebelum tiba di Tanjakan Kali Kenteng, Ganjar menyapa ratusan pemudik di dua "rest area" yakni di "rest area" KM 22 (Jalan Tol Ungaran-Bawen) dan KM 467 (Jalan Tol Salatiga-Kartasura).

Di tempat istirahat (rest area) Jalan Tol Ungaran-Bawen, Ganjar yang didampingi istrinya, Siti Atikoh Supriyanti, sempat mencoba fasilitas pijat yang disediakan pengelola jalan tol.

Ganjar mengimbau para pemudik agar tetap fokus mengemudikan mobil dan jangan ragu beristirahat saat badan mulai capai atau mengantuk.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu juga menyempatkan membuat video blog (vlog) saat bertemu rombongan pemudik dari berbagai daerah yang melintas di jalan tol.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018