Bandung (ANTARA News) - Rumah Sakit Umum Pemerintah Dr Hasan Sadikin Bandung menyiagakan 236 karyawan yang terdiri tenaga medis seperti dokter, perawat dan non medis terkait pelayanan akses kesehatan kepada masyarakat selama cuti atau libur Idul Fitri 1439 Hijriah/2018.

"Kami, Insha Allah siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan selama libur lebaran tahun 2018 ini, kami menyiagakan 236 karyawan, tenaga medis dan non medis, itu residen dan dokter. Jadi kami siapkan jadwal sif," kata Direktur Utama RSHS Bandung Dr Nina Susana Dewi, di Kota Bandung, Kamis malam.

Nina mengatakan RSHS Bandung sudah menyiapkan sejumlah langkah untuk menghadapi musim mudik dan libur atau cuti Lebaran 2018, seperti menyiagakan 236 karyawan.

Selain itu, lanjut Nina, pihaknya juga menyiapkan poli siaga untuk melayani masyarakat yang membutuhkan perawatan seperti poli penyakit dalam, poli bedah, polik anak dan dan obgyn (kebidanan serta kandungan).

"Menjelang libur panjang lebaran, RSHS sudah siap melayani masyarakat dgn optimal. Jadi poli tersebut akan siaga dari tanggal 11 sampai 20 Juni 2018. Itu buka dari jam 8 pagi sampai 12 siang di Gedung Baru Lantai 2 Lorong D," kata dia.

Selain itu, lanjut Nina, poli klinik lain di RSHS Bandung yang juga siap memberi pelayanan saat libur lebaran adalah poli MDR TB dan klinik terapi rumatan metadon serta pelayanan kemoterapi dan cuci darah atau hemodialisis karena ada beberapa pasien yang memerlukan terapi di dua klinik ini.

"Jadi poli ini tiap hari buka kecuali saat hari H Lebaran. Kemudian untuk IGD ini disiagakan selama 24 jam dengan menyiagakan empat dokter spesialis seperti spesialis?obgyn, anak bedah dan lainnya," ujar Nina.

Lebih lanjut ia mengatakan, RSHS Bandung juga telah menyiapkan prosedur saat terjadi keadaan genting saat libur lebaran seperti ada kecelakaan yang menyebabkan jatuhnya korban dengan jumlah banyak.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018